Senin, 21 Desember 2015

India Siap Gelontorkan Rp96 Triliun untuk Beli Senjata Rusia

Helikopter KA-266T dikabarkan turut masuk dalam kesepakatan India-Rusia (Foto: Sputnik)
Helikopter KA-266T dikabarkan turut masuk dalam kesepakatan India-Rusia (Foto: Sputnik)

MOSKOW – Pada November 2015, Kementerian Luar Negeri India mengatakan kepada Sputnik perihal rencana kunjungan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi ke Rusia pada 24 hingga 25 Desember 2015.
Menurut surat kabar Rusia, Kommersant, kunjungan PM Modi ke Rusia pada 24-25 Desember nanti dikabarkan akan menghabiskan dana sebesar USD7 miliar (sekira Rp96 triliun) yang akan digunakan India untuk membeli berbagai senjata dan peralatan militer Rusia.
Seperti dikutip Sputnik, Senin (21/12/2015), seorang sumber yang diketahui dekat dengan Kementerian Pertahanan India mengatakan kepada media RIA Novosti, bahwa kesepakatan pembelian peralatan militer dengan Rusia mencapai angka USD7 miliar.
Laporan tersebut menambahkan, dana tersebut nantinya akan dipakai untuk membeli berbagai peralatan dan teknologi militer Rusia meliputi Helikopter KA-226T hingga sistem pertahanan udara terbaru, yakni S-400.
Sebagaimana diketahui, Pemerintah Rusia dan India sejak lama telah menjalin hubungan strategis yang saling mengungtungkan, khususnya di bidang pertahanan dan kerjasama militer. Hubungan itu telah terjalin sejak tahun 1960-an.
Negeri Beruang Merah diketahui merupakan salah satu pemasok senjata terkemuka di India. Bahkan, lebih dari dua per tiga peralatan militer Angkatan Darat, Laut, dan Udara India diyakini merupakan buatan Rusia.


Credit  Okezone