Selasa, 09 Agustus 2016

Jepang Protes Pemasangan Radar China di Dekat Laut Sengketa


 
Jepang Protes Pemasangan Radar China di Dekat Laut Sengketa  
Jepang mengajukan protes ke China terkait pemasangan radar di platform ekplorasi gas di wilayah perairan Laut China Timur. (Reuters/Nobuhiro Kubo)
 
Jakarta, CB -- Jepang telah mengajukan protes ke Beijing setelah menemukan bahwa China memasang peralatan radar di platform eksplorasi gas dekat perairan sengketa di Laut China Timur.

Jepang khawatir pemasangan radar itu bisa menjadi sinyal bahwa China berniat menggunakan platform ekplorasi gas sebagai pangkalan militer di wilayah perairan sengketa. Radar itu sendiri disebut kerap dipasang di kapal patroli dan tidak biasanya digunakan untuk pengembangan gas.
Menurut juru bicara kementerian luar negeri Jepang pada Minggu (7/8), pihaknya menemukan radar tersebut pada akhir Juni lalu dan mengajukan protes pada Jumat kemarin melalui kedutaan besar Jepang di China. Isinya meminta Beijing menjelaskan tujuan pemasangan radar tersebut.

Jepang sebelumnya telah menyerukan China untuk menghentikan konstruksi platform eksplorasi gas dan minyak di Laut China Timur.

Pada Sabtu kemarin, Jepang mengeluarkan protes lain ke Beijing setelah kapal polisi laut dan sekitar 230 kapal penangkap ikan China berlayar ke wilayah perairan yang disebut Tokyo sebagai teritorinya.




Credit  CNN Indonesia