Rabu, 28 Oktober 2015

Serangan Udara Saudi Mengenai Rumah Sakit di Yaman



Serangan Udara Saudi Mengenai Rumah Sakit di Yaman Arab Saudi dan negara-negara Teluk menurunkan pasukan udara ke Yaman Maret lalu untuk mengatasi perang saudara di negara itu saat Houthi berkuasa. (Reuters/Mohamed al-Sayaghi)
 
 
Jakarta, CB -- Serangan udara Arab Saudi dilaporkan mengenai rumah sakit di Yaman yang dikelola oleh organisasi Medecins Sans Frontieres (MSF) atau Dokter Lintas Batas, Senin (26/10).

"Fasilitas MSF di Saada Yaman terkena beberapa serangan udara tadi malam saat pasien dan staf berada di dalamnya," ujar MSF melalui Twitter pada Selasa (27/10).


Sementara itu kantor berita Saba yang dijalankan oleh kelompok pemberontak Houthi mengutip direktur rumah sakit Heedan mengatakan beberapa orang terluka dalam serangan kemarin malam.

"Serangan udara menyebabkan kerusakan di seluruh rumah sakit saat semua orang berada di dalamnya, peralatan dan perangkat medis, dan beberapa orang terluka," kata Dokter Ali Mughli.

Saba juga mengatakan serangan udara jatuh di dekat sekolah wanita dan merusak beberapa rumah warga sipil.

Reuters belum mengonfirmasi laporan serangan udara ke rumah sakit tersebut dan juru bicara koalisi Saudi belum berkomentar.

Arab Saudi dan negara-negara Teluk menurunkan pasukan udara ke Yaman Maret lalu untuk mengatasi perang saudara di negara itu saat Houthi berkuasa.

Kelompok HAM mengecam serangan udara koalisi Saudi yang disebut juga menewaskan warga sipil. Lebih dari 5.600 orang tewas dalam konflik Yaman dan belum ada solusi diplomatis menghentikannya.

Sebelumnnya, rumah sakit MSF juga hancur akibat serangan udara pasukan koalisi. Sebelumnya awal Oktober lalu, rumah sakit MSF di Afghanistan dihantam roket Amerika Serikat, menewaskan 30 orang.



Credit CNN Indonesia