Senin, 26 Oktober 2015

Pemimpin Jabhat Nusra di Suriah Tewas Ditembak di Kepala


Pemimpin Jabhat Nusra di Suriah Tewas Ditembak di Kepala Ilustrasi (Reuters/Khalil Ashawi)
 
 
Aleppo, CB -- Pemimpin kelompok pemberontak Jabhat Nusra yang berafiliasi dengan al-Qaidah dilaporkan tewas terbunuh dalam pertempuran.

Diberitakan The Independent, Minggu (25/10). kelompok oposisi Suriah mengatakan bahwa tiga anggota senior Jabhat Nusra terbunuh.


Sementara laporan media Rusia menyebutkan, salah satu korban tewas adalah Abu Suleiman al-Masri, pemimpin Jabhat Nusra, dalam pertempuran dengan pasukan rezim Suriah.

Masri diduga tewas setelah serbuan pasukan Suriah menyusul serangan udara Rusia di Aleppo.

Namun media lainnya mengatakan, Masri tewas saat berperang dengan pemberontak Partai Pekerja Kurdistan, PKK.

Muncul foto yang diposting di internet, menggambarkan seorang pria yang diduga Masri dengan luka tembak di kepala. Pria itu mengenakan kacamata dan berparas seperti Masri.

Kematiannya disebut sebagai pukulan telak bagi perlawanan Jabhat Nusra dalam menggulingkan rezim Bashar Al-Assad dalam perang yang menewaskan lebih dari 200 ribu orang di Suriah.

Al Masri yang memiliki nama asli Mahmud Maghwari adalah warga Mesir yang divonis mati karena berperang bersama Hamas di Gaza sebelum dia bergabung dengan Jabhat Nusra.

Jabhat Nusra dalah bagian dari kelompok Jaysh al-Fatah yang artinya Pasukan Penakluk, yang memerangi rezim Suriah, Kurdi dan kelompok oposisi moderat.

Kelompok ini juga merupakan rival ISIS dalam menguasai wilayah di Suriah.

Credit  CNN Indonesia