Kamis, 29 Oktober 2015

Pesawat Pendeteksi Rudal AS Terlepas dan "Berkeliaran"

Aerostat milik AS ini lepas dari tambatannya (Foto: Getty)
Aerostat milik AS ini lepas dari tambatannya (Foto: Getty)
PENNSYLVANIA (CB) – Sebuah pesawat militer Amerika Serikat yang dirancang untuk melacak serangan peluru kendali terlepas dari tambatannya dan terbang menjauh.
Aerostat, yang melayang diatas Aberdeen, Maryland, terbang ke Pennsylvania, kata North American Aerospace Defense Command (Norad).
Belum jelas bagaimana pesawat atau blimp itu terlepas, tetapi para pejabat Pentagon mengatakan wahana tersebut sekarang bergerak turun.
Polisi negara bagian di Columbia County, Pennsylvania, menerima sejumlah telepon dari orang-orang yang mengaku melihatnya.
Kementerian Pertahanan mengatakan sedang bekerja sama dengan para pejabat penerbangan AS untuk memastikan keamanan lalu lintas udara di daerah itu.
Pejabat Columbia County, Gail Kipp, mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa tali tambatan pesawat menyentuh kabel listrik dan menyebabkan beberapa jaringan listrik padam.
Pesawat sepanjang lebih 61 meter ini dikenal sebagai Joint Land Attack Cruise Missile Defense Elevated Netted Sensor System (JLENS) dan dikecam oleh sejumlah pegiat hak privasi.
Penyelidikan beberapa waktu lalu yang dilakukan Baltimore Sun menemukan program ini “bermasalah karena perangkat lunak yang cacat, peka terhadap cuaca buruk dan tidak terlalu dapat diandalkan.”


Credit  Okezone