Helikopter serang Rusia, Mi-28
(disebut NATO: Havoc) dikembangkan oleh Mil Moscow Helicopter Plant. Mil
meluncurkan Mi-28N Havoc pada Agustus 1996. Helikopter ini pertama kali
terbang pada April 2004 dan uji terbang dengan Angkatan Udara Rusia
pada Juni 2005. Angkatan Udara Rusia berencana mengoperasikan 60
helikopter serang ini. topwar.ru
Kode N pada Mi-28N Havoc berarti
Night, yang menunjukan bahwa helikopter ini dapat beroperasi dalam malam
hari, karena itu M28-N disebut Night Hunter atau Pemburu Malam. Tidak
hanya mampu beroperasi pada malam hari saja, Mi-28N dirancang dapat
beroperasi dalam segala cuaca. Mi-28 memiliki desain helikopter tempur
konvensional, kokpit pilot di belakang dan penembak di depan.
military-today.com
Helikopter Mi-28N menggunakan dua
rotor, satu rotor utama dan satu lagi di ekor. Kepala rotor utama
memiliki bantalan elastomer dan baling-baling utama terbuat dari bahan
komposit. Rotor ekor didesain dengan konfigurasi biplan, dengan
baling-baling berbentuk X yang dikontrol secara independen. Mil membuat
bilah dari plastik, yang dipasang pada Mi-28N. hdwp.ru
Kokpit Mi-28N Havoc terbuat dari
baja dan kaca yang mampu melindungi kru dari tembakan dengan peluru
hingga kaliber 20 mm. Kokpit pilot dan operator senjata disekat untuk
mengurangi kemungkinan keduanya tertembak oleh satu peluru. Landing gear
dan kursi menyerap energi sehingga melindungi kru pada saat mendarat
darurat atau jatuh pada ketinggian rendah. army.lv
Mi-28N dilengkapi dengan senjata
otomatis meriam otomatis 30 mm 2A42 berkemapuan 300 putaran sekali
tembak. Sayap helikopter tempur ini dilengkapi empat cantelan membawa
rudal udara-ke-permukaan Ataka, rudal udara-ke-udara Igla, dan pods
roket. Kombinasi senjata yang didapat dibawa adalah: 16 rudal anti tank
Ataka-V dan 40 roket S-8 rockets, atau 16 rudal anti tank Ataka-V dan 10
roket S-13, atau 16 rudal anti tank Ataka-V dan 2senjata mesin Gsh-23L
23 mm dengan 250 putran, atau 8 rudal Igla-V dan rudal udara ke udara
Vympel R-73. armyphotos.net
Mi-28A menggunakan dua mesin
turboshaft TV3-117VMA, yang dipasang di kedua sisi badan pesawat. Dua
mesin menjalankan rotor utama dengan lima-blade dan rotor ekor dengan
empat blade. Masing-masing mesin menghasilakn daya 2.194 tenaga kuda.
Mi-28 dilengkapi dengan deflektor untuk debu dan benda asing. Kapasitas
bahan bakar internal adalah 1.720 liter. Sebanyak empat tangki bahan
bakar eksternal tdapat dipasang di bawah sayap. wikipedia.org
Credit Tempo.co