Jumat, 17 November 2017

Arab Saudi-Cina Perkuat Kerja Sama Bilateral


Xi Jinping
Xi Jinping


CB,BEIJING -- Presiden Cina Xi Jinping ingin memperkuat hubungan bilteral dengan Arab Saudi. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jendral partai Komunis itu usai berbicara dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud melalui sambungan telepon.

Xi Jinping agaknya mengesampingkan konflik yang tengah melanda Arab Saudi. Hal tersebut, Xi mengatakan, tidak akan mempengaruhi niatan Cina untuk memperdalam kerja sama strategis dengan Arab Saudi.

"Cina mendukung upaya untuk melindungi kedaulatan dan mencapai pembangunan yang lebih besar," kata Xi Jinping seperti dilaporkan South China Morning Post, Kamis (16/11).

Raja Salman bersedia memperkuat kerja sama dengan Cina. Dia mengatakan, Cina merupakan mitra penting Arab Saudi di kawasan Teluk. Kerja sama negara komunis dan kerajaan mayoritas Muslim itu akan difokuskan pada bidang energi dan keuangan.

Raja Salman tengah mencari cara untuk meningkatkan penjualan minyak ke Cina. Kerja sama tersebut akan membuat Arab Saudi menjadi salah satu pemasok minyak mentah terbesar ke Cina. Tak hanya memiliki hubungan bilateral dengan Arab, Cina juga memiliki kedekatan dengan Iran.




Credit  REPUBLIKA.CO.ID