Rabu, 29 November 2017

Jokowi Menerima Lawatan PM Denmark di Istana Bogor


Jokowi Menerima Lawatan PM Denmark di Istana Bogor
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri Denmark Lars Løkke Rasmussen di Istana Bogor. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)



Jakarta, CB -- Presiden Joko Widodo beserta Iriana Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri Denmark Lars Løkke Rasmussen bersama istri Solrun Løkke Rassmussen di Istana Bogor.

Jokowi mengatakan, ia merasa terhormat menerima kunjungan PM Lars. Indonesia, dua tahun lalu, telah menerima kunjungan Ratu Denmark Margrethe II of Denmark.

Saat itu, Ratu Denmark didampingi 11 delegasi bisnis dan kedua negara menandatangani deklarasi bersama kemitraan inovatif abad ke-21 sebagai tanda era baru hubungan mereka.


“Bagi Indonesia, Denmark merupakan mitra penting di bidang energi terbarukan, lingkungan hidup, dan maritim,” kata Jokowi di Istana Bogor, Selasa (28/11).


Penyambutan dimulai dengan upacara kenegaraan di halaman Istana Bogor, kemudian keduanya berjalan mengecek pasukan, dan menyapa anak-anak sekolah berpakaian adat di sana.

Setelah itu, Jokowi mengajak PM  Rasmussen dan Ibu Negara Denmark masuk Istana untuk mengisi dan menandatangani buku tamu kenegaraan.

Sebagai bentuk kedekatan, Jokowi dan PM Denmark menanam bibit pohon meranti tembaga (Shorea Leprosula Miq.) di halaman belakang Istana Bogor.

Mereka kemudian melanjutkan acara dengan menaiki mobil golf bersama menuju ruang bilateral. Berdasarkan pantauan, Jokowi menyetir dan PM  Rasmussen duduk di sisi kanannya.


Mobil golf RI 1 itu hanya digunakan dua kepala pemerintahan ini. Sementara itu, pasukan pengamanan berada di belakang menggunakan mobil berbeda.

Keduanya langsung menuju beranda Istana untuk berbicara empat mata. Pembicaraan dilanjutkan di dalam bersama menteri dan perwakilan kedua negara.

Berdasarkan pantauan CNN Indonesia, Jokowi didampingi Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menlu Retno Marsudi, MenESDM Ignasius Jonan, dan Menkes Nila Moeloek.

Dalam kesempatan itu, PM Rasmussen berterima kasih atas kesempatan dan penyambutan yang diberikan kepadanya, istri, serta delegasi Denmark.

“Saya pernah ke sini sebelumnya empat tahun lalu dan saya sangat senang sekali dan bahagia bisa kembali,” kata PM Denmark.


Ia mengatakan, hubungan kedua negara yang telah dibangun sejak 1950 akan dipererat melalui kunjungan ini.

Di saat kedua kepala pemerintahan melakukan bilateral, Iriana dan Solrun berkeliling melihat karya seni khas Indonesia seperti batik.

Setelah melakukan sejumlah rangkaian kenegaraan, Jokowi akan mengantarkan Lars dan Solrun meninggalkan Istana melalui Kebun Raya Bogor.

PM Rasmussen dan  Ibu Negara Denmark akan mengunjungi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di kawasan Cideng, Jakarta Pusat.


Hal ini menjadi tindak lanjut kedatangan Ratu Denmark Margrethe II ke Indonesia pada 2015, LEGO,perusahaan mainan asal Denmark, berkomitmen melengkapi 267 RPTRA di DKI Jakarta.

RPTRA itu rencananya dibangun dengan mainan balok-balok edukatif mereka. LEGO juga telah memberikan pelatihan bagi 160 pengelola RPTRA tahun lalu.

Hal itu dikarenakan Ibu Negara Solrun Rasmussen merupakan seorang guru dan ingin menyaksikan langsung interaksi anak-anak selama berada di RPTRA. Beliau akan ditemani pejabat perwakilan kantor Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Jakarta Pusat.



Credit  cnnindonesia.com