Kamis, 04 April 2019

Iran Dituding Habisi Ratusan Tentara AS di Irak


Iran Dituding Habisi Ratusan Tentara AS di Irak
Perwakilan Khusus AS untuk Iran, Brian Hook mengatakan bahwa Iran bertanggung jawab atas kematian ratusan personel militer mereka yang ditempatkan di Irak. Foto/Istimewa

WASHINGTON - Perwakilan Khusus Amerika Serikat (AS) untuk Iran, Brian Hook mengatakan bahwa Iran bertanggung jawab atas kematian ratusan personel militer mereka yang ditempatkan di Irak.

Hook menuturkan, informasi mengenai hal ini awalnya adalah sebuah informasi rahasia. Oleh karena itu, mengapa informasi mengenai banyaknya tentara AS tewas oleh Iran baru diungkap saat ini.

"Di Irak, saya dapat mengumumkan hari ini, berdasarkan laporan militer AS yang tidak diklasifikasikan, bahwa Iran bertanggung jawab atas kematian sedikitnya 608 tentara Amerika," kata Hook dalam sebuah pernyataan.

"Jumlah ini merupakan 17 persen dari semua kematian personel AS di Irak dari 2003 hingga 2011," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (3/4).

Dia kemudian mengklaim bahwa apa yang dia sebut dengan proksi Garda Revolusi Iran atau IRGC bertanggung jawab atas tewasnya lebih banyak warga Irak.Terlebih lagi, Hook menuduh bahwa Teheran berusaha membawa Irak di bawah kendali Iran dan bahwa kunjungan terakhir oleh Presiden Iran, Hassan Rouhani ke Baghdad adalah bagian dari upaya ini.

Teheran sendiri sejauh ini belum memberikan komentar mengenai tuduhan itu, yang diklaim oleh Hook. 



Credit  sindonews.com