Kamis, 23 November 2017

Pesawat Militer AS Jatuh di Perairan Jepang


Pesawat Militer AS Jatuh di Perairan Jepang
Ilustrasi pencarian pesawat jatuh. Pesawat milik Angkatan Laut Amerika Serikat jatuh di perairan Jepang, tenggara Okiniawa, Rabu (22/11) (REUTERS/Maxim Shemetov)


Jakarta, CB -- Sebuah pesawat angkatan laut Amerika Serikat yang mengangkut 11 awak dan penumpang jatuh di lepas pantai perairan Jepang sebelah tenggara Okinawa pada Rabu (22/11) sore waktu setempat.

Angkatan Laut melaporkan pesawat Greyhound C-2 jatuh sektiar pukul 14.45 waktu setempat saat hendak terbang mendekati kapal induk USS Ronald Reagan yang tengah beroperasi di Laut Filipina.

Pesawat yang telah beroperasi selama lebih dari lima dekade dan biasanya dikerahkan untuk mengangkut personel,dokumen, dan barang dari darat menuju kapal-kapal militer yang tengah berlayar di tengah samudra.


Hingga kini penyebab jatuhnya pesawat itu belum jelas. Daftar identitas para penumpang dan kru pesawat pun belum diungkap ke publik.


Armada Ketujuh Angkatan Laut AS di Samudera Hindia dan bagian barat Samudra Pasifik mengatakan operasi pencarian dan penyelamatan pun sudah dikerahkan untuk menyelamatkan awak pesawat naas yang jatuh tersebut. Tak ada laporan mengenai korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Pemulihan para kru dan penumpang pesawat tengah berjalan dan kondisi mereka akan dievaluasi oleh staf medis USS Ronald Reegan," bunyi pernyataan Angkatan Laut AS sebagaimana dikutip The Independent.

Armada Ketujuh Angkatan Laut AS pernah mengalami dua kecelakan fatal dalam setahun terakhir hingga menewaskan 17 pelaut. Pertama, pada Agustus lalu saat kapal USS John S.

McCain bertabrakan dengan kapal tanker minyak di dekat perairan Singapura yang menewaskan 10 orang.

Kedua yakni insiden kapal perang USS Fitzgerald yang bertabrakan dengan kapal kontainer pada Juni lalu hingga menewaskan tujuh personel angkatan laut.

Kedua kecelakaan itu pun menyebabkan delapan perwira tinggi angkatan laut termasuk komandan tertinggi Armada Ketujuh Angkatan Laut Amerika Serikat dipindahkan dari jabatannya.


Credit  cnnindonesia.com



Pesawat AL AS Dilaporkan Jatuh di Perairan Jepang


Pesawat AL AS Dilaporkan Jatuh di Perairan Jepang
Pesawat pengangkut milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dilaporkan jatuh di perairan Okinawa, Jepang. Foto/Istimewa


TOKYO - Pesawat pengangkut milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dilaporkan jatuh di perairan Okinawa, Jepang. Saat jatuh, kapal itu diketahui membawa 11 orang, termasuk pilot dan co-pilot.

Armada Ketujuh AS menuturkan, kapal tersebut jatuh saat dalam perjalanan untuk kembali ke kapal induk USS Ronald Reagan. Proses pencarian pesawat nahas tersebut saat ini sedang berlangsung.

"USS Ronald Reagan sedang melakukan operasi pencarian dan penyelamatan. Penyebab kecelakaan itu belum diketahui," kata Armada Ketujuh AS dalam sebuah pernyataan, sepeti dilansir Reuters pada Rabu (22/11).

Sementara itu, Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera mengatakan, Angkatan Laut AS telah memberitahukan kepadanya bahwa kecelakaan yang terjadi di dekat Laut Filipina itu mungkin disebabkan oleh masalah mesin.

Pesawat bertenaga propeller bertenaga, Greyhound C-2, membawa personel, surat dan kargo lainnya dari pangkalan daratan ke kapal induk yang beroperasi di laut. Pesawat tersebut telah beroperasi lebih dari lima dekade dan akan digantikan oleh pesawat tilt-rotor jarak jauh, Osprey. 





Credit  sindonews.com