Kamis, 27 Oktober 2016

Rusia Dinilai Bisa Tembak Jatuh Jet AS di Suriah

 
Rusia Dinilai Bisa Tembak Jatuh Jet AS di Suriah
Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS), James Clapper menyatakan, Rusia mungkin saja menembak jatuh jet tempur AS yang beroperasi di Suriah. Foto/Istimewa
 
WASHINGTON - Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS), James Clapper menyatakan, Rusia mungkin saja menembak jatuh jet tempur AS yang beroperasi di Suriah. Ini mungkin akan terjadi jika Moskow merasa jet Washington menimbulkan ancaman pada operasi mereka di Suriah.

Berbicara saat melakukan wawancara dengan CBS, Clapper mengatakan, ia tidak pernah menutup adanya kemungkingkan Rusia menembak jatuh jet AS yang beroperasi di Suriah. Kemungkinan ini semakin besar setelah Rusia mengerahkan sistem pertahanan udara S-300 ke Suriah.

"Saya tidak pernah menutup kemungkinan mereka (Rusia) menembak jatuh sebuah pesawat Amerika, jika mereka merasa bahwa hal itu mengancam pasukan mereka di darat," kata Clapper, seperti dilansir Times of Israel pada Rabu (26/10).

"Rusia telah mengerahkan sistem pertahanan udara yang sangat canggih dan mampu di Suriah dan tidak akan mengerahkannya jika mereka tidak berniat untuk menggunakannya," sambungnya.

Pemerintahan Barack Obama sendiri sejauh ini telah menahan diri dari mendirikan sebuah zona larangan terbang, atau aman, di Suriah. Ini dikarenakan situasi yang sangat kompleks di Suriah, dan AS enggan terlibat konflik langsung dengan Rusia.


Credit  Sindonews