Selasa, 25 Oktober 2016

Momen Bersejarah: Militer Indonesia-Portugal Saling Mendekat


Momen Bersejarah: Militer Indonesia-Portugal Saling Mendekat
Foto: Istimewa

Lisbon - Angkatan Bersenjata Portugal memberi persetujuan penunjukan sekaligus penerimaan secara resmi Atase Pertahanan RI di Prancis dengan akreditasi non-residen negara Portugal. Ini merupakan kali pertama.

"Momen bersejarah ini diharapkan menjadi langkah awal untuk memulai kerjasama militer dan pertahanan yang lebih nyata antara kedua negara," ujar Atase Pertahanan RI (Athan) di Prancis berkedudukan di Paris dengan akreditasi non-residen Lisbon, Portugal, Kolonel Arm Airlangga kepada detikcom Den Haag, Selasa (25/10/2016).

Persetujuan dan penerimaan diberikan untuk resepsi diplomatik dan pertemuan bisnis dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI ke-71, yang digelar kantor selama 2 hari di Lisbon (24-25/10/2016).

"Ini sekaligus menandai langkah awal kerjasama militer dan pertahanan antar kedua negara. Kedua belah pihak menunjukkan inisiatif untuk menjajaki potensi kerjasama positif di masa mendatang," imbuh Athan.

Momen Bersejarah: Militer Indonesia-Portugal Saling Mendekat  
Foto: Istimewa

Duta Besar RI untuk Portugal Mulya Wirana menyambut baik langkah inisiatif kerjasama pertahanan antar kedua negara.

"Rangkaian kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk melaksanakan misi diplomasi RI melalui aspek militer dan mempertemukan pelaku industri pertahanan Portugal dan Indonesia," demikian Dubes.

Hadir para petinggi militer dan pertahanan Portugal, para Atase Pertahanan negara-negara sahabat yang berkedudukan di Lisbon dan delegasi dari Indonesia.

Delegasi dari Indonesia yang terdiri dari petinggi TNI Angkatan Udara, Kementerian Pertahanan dan kalangan pengusaha mitra industri pertahanan, juga melakukan kunjungan ke beberapa gugus industri pertahanan Portugal.



Credit  detikNews