Selasa, 25 Oktober 2016

Cari Dukungan Tes Nuklir, Pejabat Top Korut Datangi Indonesia?


 
Cari Dukungan Tes Nuklir, Pejabat Top Korut Datangi Indonesia?
Ri Su-yong, Wakil Ketua Bidang Internasional Partai Buruh Korut dilaporkan hendak mengunjungi Indonesia. Foto/Rodong Sinmun
 
PYONGYANG - Seorang pejabat top Korea Utara (Korut) urusan luar negeri telah terbang ke Beijing pada hari Senin dan dijadwalkan melakukan kunjungan ke Vietnam dan Indonesia. Kunjungan itu disebut-sebut untuk mencari dukungan soal tes senjata nuklir dan rudal.

Pejabat top rezim Kim Jong-un yang dijadwalkan menyambangi Indonesia ini adalah Ri Su-yong, Wakil Ketua Bidang Internasional di Partai Buruh Korut.

Belum jelas kapan kedatangan Ri ke Indonesia. Namun, dia sudah dijadwalkan menghadiri rapat tahunan internasional Partai Komunis dan Partai Buruh di Vietnam yang dibuka pada hari Jumat nanti.

Ri Su Yong, wakil ketua Komite Sentral Pekerja Partai, seperti dikutip Yonhap, berencana untuk hadir pada 18 Rapat Internasional tahunan Partai Komunis dan Partai Buruh yang akan diselenggarakan di Vietnam.

Laman UPI.com, Selasa (25/10/2016) yang mengutip sumber di Indonesia, melaporkan bahwa rancana kunjungan Ri ke Indonesia sebagai kunjungan balasan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri pada 2011 lalu. Megawati pada tahun itu berkunjung ke Pyongyang dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Ketika Ri melakukan lawatan ke luar negeri melalui Beijing, pada hari yang sama Wakil Menteri Luar Negeri China, Liu Zhenmin mengunjungi Pyongyang. Liu Zhenmin dijadwalkan menghadiri pertemuan tentang isu-isu perbatasan Korut-China.



Credit  Sindonews