Kamis, 02 April 2015

Cara TNI Pulihkan Poso Setelah Jadi Ajang Latihan Tempur


Cara TNI Pulihkan Poso Setelah Jadi Ajang Latihan Tempur
Sebanyak 520 prajurit divisi 2 Linud 502 Malang dengan persenjataan lengkap siap melakukan pertempuran usai terjun dari pesawat Hercules untuk ikuti latihan pertempuran (Latpur) disekitar Desa Masani, Poso Pesisir, Poso, Sulawesi Tengah, 31 Maret 2015. ANTARA FOTO

CB , Jakarta - Latihan tempur oasukan TNI di Poso, Sulawesi Tengah, selama dua hari telah berakhir. Penduduk yang diungsikan pun sudah pula dikembalikan ke rumah masing-masing. Namun, kelompok teroris Santoso alias Abu Wardah yang paling dicari aparat kepoliaian kemungkinan masih berkeliaran.

Juru bicara Markas Besar TNI, Fuad Basya, mengatakan setelah latihan tempur institusinya menggelar operasi teritorial di Poso. Operasi ini digelar selama tiga bulan ke depan. Ini merupakan lanjutan latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) yang digelar awal pekan lalu. “Operasi teritorial untuk memulihkan dampak akibat latihan tempur PPRC,” ujar Fuad saat dihubungi, Rabu, 1 April 2015.

Menurut Fuad, pemulihan dilakukan terhadap kawasan dan obyek yang rusak akibat latihan. Misalnya, kebun dan tanaman milik warga yang jadi sasaran peluru serta mortir. Selain kerusakan fisik, TNI juga bakal melaksanakan sejumlah program sosial seperti sunatan massal, pengobatan massal, bedah rumah, dan bakti sosial.

Operasi teritorial, kata Fuad, diharapkan bisa mengembalikan rasa nyaman masyarakat Poso. Selama ini masyarakat sering cemas dengan pergerakan jaringan kelompok radikal yang mulai sering turun meneror masyarakat. “Operasi ini juga harus bisa menjadi penangkal berkembangnya paham radikal di sana.”

Saat latihan berlangsung, Fuad mengakui TNI sempat mengungsikan sejumlah penduduk terutama yang tinggal di daerah perbukitan. TNI juga sempat melarang masyarakat berkebun. Mereka diungsikan ke daearah yang lebih ramai dan jauh dari perbukitan. Namun, kondisi itu menurut Fuad hanya berlangsung sehari. Setelah itu masyarakat sudah diperbolehkan kembali ke kediaman masing-masing dan menjalankan aktivitas seperti biasa.

Pada Selasa, 31 Maret 2015, Panglima TNI Jenderal Moeldoko membuka latihan PPRC TNI 2015. Latihan tempur yang melibatkan 3.200 personel TNI dari tiga angkatan itu berlokasi di Gunung Biru, Poso, yang dikenal sebagai tempat persembunyian kelompok Santoso. Polisi menyebut Santoso sebagai pemimpin jaringan Mujahidin Indonesia Timur yang berbaiat kepada Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Moeldoko mengatakan, latihan selama dua pekan itu untuk menekan berkembangnya radikalisme. Penempatan pasukan di daerah yang disebut sebagai basis kelompok teroris Santoso alias Abu Wardah itu sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo. "Bila memang diperlukan, ada pasukan PPRC yang tinggal di sini untuk melanjutkan operasi dengan aparat kepolisian. Presiden pun menyetujui," kata Moeldoko di Poso, kemarin. Walaupun Presiden sudah memberi lampu hijau, Moeldoko mengatakan operasi itu belum final. TNI masih mengkaji kondisi Poso.




Credit  TEMPO.CO