Senin, 27 April 2015

Rusia Klaim T-14 sebagai Tank Terkuat di Dunia


Rusia Klaim T-14 sebagai Tank Terkuat di Dunia
Tank Armata. (Foto: Sputnik)
MOSKOW  (CB) – Pemerintah Rusia sudah menyelesaikan pembuatan Armata Tank T-14. Kemungkinan, kendaraan lapis baja terbaru itu akan mencuri perhatian dalam parade Moscow Victory Day pada 9 Mei 2015.
Kementerian Pertahanan Rusia untuk pertama kali memperlihatkan tank terbaru milik mereka. Tank terbaru Rusia yang diberi nama T-14 Armata Main Battle Tank (MBT) itu disebut-sebut sebagai kendaraan lapis baja paling mematikan di dunia saat ini. Tank tersebut diperkenalkan beberapa pekan sebelum parade Moscow Victory Day.
Kendati dalam krisis ekonomi, tidak menghalangi militer Rusia mengembangkan peralatan tempur. Hal ini juga memperlihatkan negara penghasil gas tersebut mengalami lompatan teknologi sejak era Uni Soviet.
"Kendaraan baru ini mewakili perubahan terbesar dalam lapis baja keluarga pertempuran kendaraan Rusia pada 1960 dan 1970-an," ungkap Analisis Pertahanan dan Keamanan (HIS), seperti diberitakan Sputniknews, Senin (27/4/2015).
Melalui awak yang duduk di bagian depan kapsul lapis baja tersebut, membuatnya juga bisa dikendalikan melalui jarak jauh. Tank tersebut disebut-sebut diperkuat dengan tiga jenis senjata. Senjata tersebut adalah berukuran 152 mm, senapan kaliber 30 mm, dan senapan mesin berukuran 12,5 mm.
Senjata itu dilaporkan dapat menjatuhkan pesawat dan helikopter. Jika ini benar, maka kendaraan lapis baja tersebut memiliki meriam paling kuat yang pernah dipasang pada sebuah tank.


Credit  Okezone