Senin, 03 Agustus 2015

Tiga Kapal Cepat Rudal Perkuat Pertahanan Laut

foto: Ilustrasi Okezone
foto: Ilustrasi Okezone
JAKARTA  (CB) – Sebanyak tiga kapal cepat rudal (KCR-40) menambah koleksi alat tempur prajurit TNI AL. Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar), Laksamana TNI A Taufiq mengaku bangga saat menyerahkan ketiga kapal bikinan dalam negeri itu, ke Mako Lantamal IV Batu Hitam Tanjungpinang
“Tiga kapal perang KRI Surik-645, KRI Siwar-646 dan KRI Parang-647 ini buatan anak-anak dalam negeri,” ujar Taufiq usai upacara penyerahan tunggul masing-masing KRI, kepada ketiga komandan KRI melalui keterangan resminya, Sabtu (1/8/2015).
Taufiq menambahkan, ketiga KCR-40 itu sangat cocok untuk dioperasionalkan di perairan wilayah barat yang kondisi lautnya relatif dangkal serta mempunyai gugusan pulau yang banyak. Sebab itu, ia berharap kapal tersebut memiliki daya pukul.
“Ketiga kapal juga memiliki persenjataan antara lain meriam kaliber 20 mm, meriam 12,7mm dan senjata andalan yaitu Rudal C-705,” imbuhnya.
Tiga KCR-40 produksi PT Palindo Marine Shipyard, Batam itu nantinya bakal bergabung serta memperkuat Satuan Kapal Cepat (Satkat) Armada Barat yang berpangkalan di Mentigi Tanjung Uban Kepulauan Riau.
Taufiq juga meminta prajuritnya untuk dapat menumbuhkan kebanggan atas kepercayaan menggunakan alutsista terbaru itu.
”Kalian tumbuhkan kebanggaan karena anda merupakan prajurit pilihan yang dipercayakan untuk mengawaki alutsista ini,” pungkasnya.

Credit  Okezone