Jumat, 10 April 2015

Obama Bahas Negara Pemberi Sponsor Teroris di KTT Karibia

Obama Bahas Negara Pemberi Sponsor Teroris di KTT Karibia
Presiden AS, Barack Obama (Foto: Reuters)
KINGSTON (CB) – Pada Kamis 9 April 2015, Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, telah tiba di Kingston, Jamaika, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Karibia. Di sana, selain membahas soal keamanan dan kerjasama di bidang energi, AS juga akan melakukan peninjauan untuk menghapus Kuba dari daftar negara-negara yang mensponsori terorisme.
Department Luar Negeri AS dilaporkan telah selesai meninjau untuk menghapus Kuba dari daftar negara-negara yang mensponsori terorisme. Namun, pihaknya sedang menunggu rekomendasi dari penasihat-penasihatnya.
Dengan menghapus negara kepulauan di Karibia itu dari daftar, hubungan diplomatik antara AS dan Kuba diyakini akan pulih.
“Peninjauan telah selesai dilakukan oleh Department Luar Negeri, dan akan diteruskan ke Gedung Putih. Tim antar-lembaga kita akan melalui seluruh hal, kemudian menyampaikannya kepada saya sebagai sebuah rekomendasi,” ujar Presiden Obama, seperti dilansir Reuters, Jumat (10/4/2015).
“Saya tidak akan membuat pengumuman resminya di hari ini, tapi mungkin sudah ada keputusan untuk beberapa hari ke depan,” lanjutnya.
Kuba diketahui telah dimasukkan ke daftar negara yang mensponsori terorisme sejak tahun 1982. Ketika itu, Kuba membantu pemberontakan Marxis di Kolombia dan beberapa tempat lain. Negara-negara lain dalam daftar itu di antaranya Iran, Sudan, dan Suriah.
Seperti diberitakan, Wakil Presiden Kuba, Miguel Diaz Canel mengecam keputusan Obama yang menyatakan Venezuela merupakan ancaman AS dan akan memberi sanksi kepada tujuh pejabat negara tersebut. Wapres Diaz Canel memiliki syarat jika ingin Kuba menjadi sekutu Negeri Paman Sam. Presiden Obama harus mencabut pernyataannya tentang Venezuela.



Credit Okezone.com