Rabu, 08 April 2015

560 Orang Tewas, Krisis Kemanusiaan Melanda Yaman


560 Orang Tewas, Krisis Kemanusiaan Melanda Yaman
Bocah Yaman sedang membawa senjata. (Foto: Reuters)

SANAA   (CB) – Krisis kemanusiaan melanda Yaman. Sebanyak 560 orang, termasuk puluhan anak, tewas dalam serangan udara Koalisi Teluk pimpinan Arab Saudi.
Pertempuran antara Arab Saudi dan kawan-kawan dengan Kelompok Houthi memasuki pekan ketiga. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan lebih dari 1.700 orang terluka dan 100 ribu orang terpaksa meninggalkan tempat tinggalnya.
Komite Palang Merah Internasional berusaha mengirim tim medis ke Yaman. Juru bicara Sitara Jabeen mengatakan, pesawat kargo yang membawa 17 ton pasokan medis sedang menunggu izin dari Koalisi Teluk.
“Jika pasokan medis ini tidak masuk ke Yaman maka banyak orang yang akan meninggal dunia,” kata Jabeen, seperti dilansir New Straits Times, Rabu (8/4/2015).
WHO menyatakan sebanyak 560 orang menjadi korban dalam perang di Yaman dan 1.768 warga sipil mengalami luka-luka. Selain itu, serangan udara yang dilakukan pasukan koalisi Arab Saudi juga menewaskan 74 anak.
Julien Harneis, perwakilan dari UNICEF di Yaman, mengatakan, ratusan anak menderita akibat perang ini.
"Mereka meninggal, mengalami cacat, dan terpaksa meninggalkan tempat tinggalnya. Kesehatan mereka terancam dan pendidikan mereka terganggu," demikian komentar Harneis.



Credit  Okezone