Jumat, 22 Juli 2016

Tentara Indonesia-Malaysia Gelar Latihan Perang di Tanjung Gelang



 
Tentara Indonesia Malaysia Gelar Latihan Perang di Tanjung Gelang
TNI (Sindonews/ilustrasi)
 
JAKARTA - Prajurit TNI dan Angkatan Tentera Malaysia (ATM) menggelar Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Malaysia-Indonesia (Malindo) Darsasa-9 AB/2016.

Latgatma Malindo digelar pada tanggal 21 Juli hingga 3 Agustus 2016 di Tanjung Gelang, Kuantan Pahang, Malaysia.

Sebanyak 500 Prajurit TNI diberangkatkan ke Tanjung Gelang melalui Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta Utara, Kamis 21 Juli 2016 untuk mengikuti Latgatma Malindo.

Asisten Operasi Panglima TNI, Mayor Jenderal jen TNI Agung Ridhianto mengungkapkan, Latgabma Malindo Darsasa-9 AB/2016 dengan tema Combined Coordination Centre (CCC) bertujuan meningkatkan kerja sama dan memelihara hubungan kesepahaman antara ATM dan TNI.

Latgabma juga sebagai upaya meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit beserta komponen lainnya dalam mewujudkan strategi menanggulangi bencana di wilayah perbatasan.

“Sehingga peranan militer mampu memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi kedua negara yang rentan terhadap ancaman bencana alam,” tutur Agung dalam keterangan tertulis, Kamis 21 Juli 2016.

Agung berpesan kepada prajurit TNI agar mengutamakan keselamatan dan kekompakan antara tiga matra dalam melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan latihan.

Dia juga menyampaikan agar prajurt TNI menjalin komunikasi dan kerja sama secara profesional dengan prajurit ATM untuk mempererat hubungan kedua angkatan bersenjata.

“Adakan evaluasi internal per-bagian selesai pelaksanaan tiap fase kegiatan latihan, guna mengadakan perbaikan  dan persiapan optimal untuk melaksanakan fase berikutnya,” kata Agung.

Personel yang tergabung dalam Latgabma Malindo Darsasa-9 AB/2016 sebanyak 500 orang dari TNI AL, TNI AD, TNI AU dengan berbagai peralatan tempur.


Credit  Sindonews