Selasa, 26 Juli 2016

Jet Tempur Israel Menyerang Target di Suriah

 
Jet Tempur Israel Menyerang Target di Suriah I
srael mencaplok Golan Barat pada perang Timur Tengah 1967, langkah yang tidak diakui oleh dunia internasional. (Lior Mizrahi/Getty Images)
 
Jakarta, CB -- Pesawat tempur Israel menyerang target di Suriah setelah wilayah Israel terkena dampak pertempuran antar faksi yang sedang berlangsung di Suriah.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan bahwa serangan tembakan itu mengenai di wilayah terbuka di dekat perbatasan dan tidak menyebabkan korban. Ia juga mengatakan bahwa serangan balasan “berhasil menargetkan sumber kebakaran di Suriah.”

Tentara Suriah mengatakan dua rudal dari pesawat pengintai Israel menghantam sebuah bangunan perumahan di Kota Baath di Dataran Tinggi Golan Suriah, dekat perbatasan dengan Israel.

Pernyataan militer yang dilansir kantor berita negara SANA, menyebut serangan di kota menyebabkan "kerusakan material" dan bertujuan untuk "meningkatkan semangat kelompok teroris yang didukung (Israel).”

Kota tersebut dikuasai oleh pasukan pro pemerintah Suriah, termasuk tentara dan pejuang Hizbullah. Kelompok Jabhat al-Nusra yang berafiliasi dengan al-Qaidah serta kelompok militan yang berbaiat kepada ISIS juga beroperasi di wilayah tersebut.

Meskipun secara resmi netral dalam perang sipil, Israel telah menargetkan kelompok Hizbullah beberapa kali selama konflik Suriah.

Pemberontak Suriah dan kelompok pemantau mengatakan dua ledakan melanda kota yang sama pada Rabu disebabkan oleh serangan udara Israel, tetapi Hizbullah menyalahkan serangan roket itu ke militan al-Qaeda.

Israel mencaplok Golan Barat pada perang Timur Tengah 1967, langkah yang tidak diakui oleh dunia internasional.




Credit  CNN Indonesia