Kamis, 28 Juli 2016

Situs Militer AS Terancam Perubahan Iklim


Situs Militer AS Terancam Perubahan Iklim 
 ( U.S. Navy Photo)
 
Jakarta, CB -- Naiknya level permukaan laut karena badai akibat perubahan iklim akan mengancam situs militer Amerika Serikat di sepanjang East Coast dan Gulf Coast.

Menurut laporan dari Union of Concerned Scientists menganalisa 18 instalasi militer yang mewakili lebih dari 120 pangkalan militer tepi pantai di seluruh AS demi mengamati dampak dari perubahan iklim.


Meningkatnya kecepatan kenaikan permukaan laut dalam beberapa dekade belakangan bisa berarti bahwa banjir akibat turun-naiknya gelombang akan menjadi insiden harian di beberapa instalasi.

Empat di antaranya, termasuk Stasiun Angkatan Laut Udara di Key West, Florida dan gudang Korps Marinir di South Carolina, yang bisa kehilangan 75 hingga 95 persen dari lahan mereka di abad ini.

Laporan berjudul “Militer AS Ada di Garis Depan Naiknya Laut” itu menyebut bahwa Pentagon menyadari bahwa perubahan iklim mengancam instalasi militer AS dan mengingatkan bahwa dibutuhkan lebih banyak sistem monitor dan sumber daya untuk mempersiapkan semuanya.

Meski begitu, bulan lalu, komite anggaran parlemen AS meloloskan amandemen yang memblokir dana bagi strategi iklim Pentagon.

“Kepemimpinan pertahanan kami memiliki tanggung jawab khusus untuk melindungi situs-situs yang menjadi tempat bergantung ratusan ribu warga Amerika dan jutaan lainnya bergantung untuk keamanan,” ujar laporan itu.



Credit  CNN Indonesia