Rabu, 27 Juli 2016

Kendaraan Presiden Putin: Lintasi Darat, Laut, dan Udara



Seorang presiden tentu selalu dihadapi dengan mobilitas tinggi, tak terkecuali Presiden Putin. Untuk mengakomodasi segala pekerjaan sang kepala negara, dibutuhkan berbagai kendaraan yang bisa menjawab tantangan mobilitas presiden. Lantas, apa saja jenis dan keunggulan transportasi yang digunakan presiden Rusia?
 

Helikopter Mendarat di Area Kremlin

Sejak Oktober 2012, taman Taynitsky di dalam Kremlin dilengkapi helipad khusus untuk Putin. Ia terbang secara eksklusif menggunakan helikopter Mi-8.
Helikopter sudah sejak lama dapat mendarat di area Kremlin, termasuk sejak pemerintahan Presiden Rusia Boris Yeltsin. Namun kala itu, helipad yang berada di lapangan Ivanovskaya Ploshchad dapat merusak bangunan-bangunan bersejarah Kremlin akibat getaran yang ditimbulkan. Oleh karena itu, helipad pun dipindahkan.

Presiden Suka Mercedez

Untuk transportasi darat, Putin menggunakan Mercedes-Benz S600 Pullman. Terdapat 11 unit kendaraan jenis tersebut yang dioperasikan oleh unit struktural Layanan Keamanan Federal FSO dan diparkir pada garasi khusus (GON).
Sumber: RIA NovostiSumber: RIA Novosti
Atribut kendaraan yang diwajibkan pada armada kepresidenan adalah kapsul lapis baja, sistem evakuasi darurat (mobil mampu bergerak tak kurang dari 30 kilometer pada kecepatan 80 kilometer per jam, meskipun dengan kondisi keseluruhan ban tertembak), serta sistem kontrol kualitas udara dan fasilitas kenyamanan.

Sopir Sang Presiden

Untuk memilih kandidat pengemudi kendaraan presiden, diselenggarakan seleksi psiko-fisiologis yang sangat serius dan ketat, serta pelatihan mengemudi dalam kondisi ekstrem. Para kandidat sebelumnya harus telah mengabdi sebagai pengemudi di divisi operasional FSO dalam waktu yang lama. Baru kemudian setelah itu, ia mendapatkan pengalaman mengendarai kendaraan pendukung. Setelahnya, ia dapat mengajukan jabatan sebagai pengemudi kepresidenan atau perdana menteri. Secara keseluruhan, proses ini membutuhkan waktu antara tujuh hingga limabelas tahun.
Sumber: TASSSumber: TASS
Pengemudi kendaraan kepresidenan ada lebih dari 10 orang. Mereka adalah para profesional papan atas. Meski begitu, mereka terus berlatih sekali dalam seminggu. Kompleks pelatihan bagi pengemudi-pengemudi ini mencakup kemampuan menembak pada saat mengemudi, mengemudi menggunakan simulator di daratan es, rintangan air, dan ledakan.

Membuat Macet

Pernah suatu ketika, pembawa berita saluran televisi NTV Vadim Takmenev yang mengendarai mobil bersama Putin bertanya apakah sang presiden tau mengenai kemacetan lalu lintas yang diciptakan iring-iringan kepresidenan. “Saya mohon maaf. Saya sangat menyayangkan hal tersebut, tapi apa yang bisa saya lakukan? Saya harus pergi dan bekerja,” kata Putin. Sang pembaca berita kemudian menyarankan untuk mengikuti cara presiden Perancis François Hollande yang iring-iringannya berhenti di lampu lalu lintas saat menuju pelantikan kepresidenan. “Dia orang yang baik, tapi, saya tidak melakukan populisme,” kata Putin menanggapi hal tersebut.
Populisme adalah filsafat politik yang berpihak pada hak-hak dan kepentingan orang banyak, alih-alih berpihak pada elit dan pemerintah.
Namun, perlu dicatat pula bahwa pengawalan Presiden AS Barack Obama juga kerap menimbulkan gangguan bagi banyak pengendara mobil lainnya. Sementara di Indonesia, Presiden RI Joko Widodo ternyata memilih untuk tidak mendapatkan perlakuan khusus selama di jalan raya. Mobil dinas presiden yang berpelat RI 1 kerap terlihat antre di tengah kemacetan ibu kota.

Divisi Pesawat Rahasia

Departemen Manajemen Kepresidenan (didirikan sejak awal 1990-an untuk memenuhi kebutuhan pejabat tinggi) memiliki armada sendiri, yaitu Kelompok Penerbangan Khusus “Rossiya”. Dalam jajaran kliennya, termasuk presiden, perdana menteri, menteri luar negeri, ketua majelis rendah parlemen Rusia (Duma), serta pejabat tinggi lainnya dan patriark Rusia. Pesawat milik Departemen Manajemen Kepresidenan “Rossiya” juga mengangkut wartawan dari Pool Presiden dan Perdana Menteri, anggota delegasi, serta karyawan pelayanan pers dan protokol.
Sumber: RIA NovostiSumber: RIA Novosti
Armada ini terdiri dari pesawat Il-96-300 dan Tu-214. Dalam waktu dekat, sepasang Sukhoi Superjet 100 juga direncanakan akan turut bergabung. Dalam jajarannya juga terdapat pusat kontrol penerbangan — pesawat ini dilengkapi dengan sistem komunikasi khusus, yang memungkinkan presiden berkomunikasi dalam modus enkripsi untuk keperluan negosiasi dan mengelola kekuatan nuklir Rusia. Sesuai namanya, Kelompok Pesawat Khusus ini menggunakan unit pesawat buatan dalam negeri. Semua pesawat lepas landas dari bandara pemerintah Vnukovo-2.
Pesawat kepresidenan yang digunakan sejak tahun 1996 adalah versi modifikasi pesawat penumpang Il-96. Dalam penerbangannya, kepala negara dapat berkomunikasi dengan berbagai instansi, lembaga, dan melakukan panggilan internasional maupun panggilan konferensi. Pesawat nomor 1 ini mampu menjadi pusat kontrol penerbangan Panglima Tertinggi meskipun tidak pernah sekali pun dalam sejarahnya, pesawat ini melakukan peran yang luar biasa tersebut.
Sumber: Alexey Nikolsky/RIA NovostiSumber: Alexey Nikolsky/RIA Novosti
Untuk melakukan perjalanan di atas air, administrasi kepresidenan memiliki dua unit kapal yacht, tiga unit kapal motor, tujuh unit kapal cutter, dan satu unit kapal catamaran. Sementara, sejumlah sarana transportasi lain yang tidak biasa digunakan oleh presiden biasanya disediakan oleh organisasi lain. Sebagai contoh, bathyscaphe yang digunakan Putin saat memeriksa bangkai kapal Bizantium di dasar Laut Hitam yang masuk ke dalam wilayah geografis Rusia.



Credit  RBTH Indonesia