Rabu, 01 April 2015

Robot Penjelajah Mars Sempat Hilang Ingatan


Robot Penjelajah Mars Sempat Hilang Ingatan  
Curiosity, salah satu robot penjelajah Mars yang dikirim NASA (Dok. mars.jpl.nasa.gov)
 
Jakarta, CB -- Robot yang ditugasi untuk mengeksplorasi planet Mars mengalami kerusakan. Cukup fatal, hingga membuat ingatannya terhapus sesaat.

Opportunity, salah satu robot eksplorasi milik NASA, sudah mendarat di Mars sejak Januari 2004. Robot ini memang sudah beberapa kali mengalami kerusakan namun belum pernah mengalami hal serius hingga memorinya terhapus.

Masalah dimulai pada akhir 2014 lalu. Saat itu Opportunity bermasalah hingga memaksa para teknisi untuk membuat software baru. Peranti lunak itu kemudian diunggah ke dalam sistem Opportunity pada 20 Maret 2015 lalu.

Namun entah mengapa software yang harusnya memperbaiki Opportunity justru malah membuatnya seperti terkena amnesia. Robot tersebut jadi tak berfungsi, NASA pun tak tau harus berbuat apa.

"Kami masih belum mengearti apa penyebabnya. Investigasi masalah pada flash sedang dilakukan, saat ini hanya waktu yang bisa menjawab," kata John Callas, pemimpin proyek Opportunity untuk NASA yang berada di laboraturium di Pasadena, California.

Untungnya masalah tersebut tidak menyebabkan hilangnya data penelitian, seperti dikutip dari Science Times, Rabu (1/4).

Selain Opportunity NASA juga mendaratkan robot kembarannya yang bernama Spirit. Keduanya bertugas untuk mencari jejak kehidupan di planet merah itu, dan selama 11 tahun berjalan sudah banyak temuan unik yang didapat keduanya.

Pekan lalu Opportunity juga telah memecahkan rekor misi terlama yang dijalankan oleh robot. Mengalahkan rekor robot Uni Soviet yakni Lunokhod 2 yang beroperasi pada 1973.


Credit  CNN Indonesia