Kamis, 09 April 2015

Lemsaneg: Ada Ancaman Pihak Tertentu yang Coba Memonitor Peringatan KAA


Lemsaneg: Ada Ancaman Pihak Tertentu yang Coba Memonitor Peringatan KAA  
Foto: Djoko Setiadi Berjas Hitam (dok. detikcom) 
 
Jakarta   (CB)- Tinggal menghitung hari Indonesia akan menjadi tuan rumah peringatan Konferensi Asia-Afrika. Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) pun siap untuk mengantisipasi ancaman siber yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.

"Ya, ada pihak tertentu yang mengadakan kegiatan ikut memonitor rapat-rapat itu. (Mereka) memonitor dengan teknologi. Ancaman ini harus dihadapi juga dengan teknologi. Tidak bisa dihadapi dengan fisik, tidak bisa," ujar Kepala Lemsaneg Djoko Setiadi di Gedung Bina Graha, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (9/4/2015).

Untuk itu Lemsaneg juga sudah mempersiapkan teknologi yang mampu menangkal hal-hal yang tak diinginkan. Lemsaneg juga terus memperbarui teknologi sesuai dengan perkembangan zaman.

"Saya sebagai pimpinan lembaga itu harus mencari yang terbaik dan mengimbangi perkembangan zaman. Apa yang dipunyai lawan ya kita juga," imbuh dia.

Djoko berharap kegiatan peringatan KAA berjalan dengan lancar. Karena menyangkut nama Indonesia sebagai tuan rumah.

Mengenai ancaman siber sendiri tak hanya dari pihak luar negeri, tetapi juga dalam negeri. Djoko menganggap ancaman siber tak kasat mata karena bukan ancaman fisik, sehingga tak dapat langsung diidentifikasi apakah berasal dari dalam atau luar negeri.

"Sejauh ini belum ada (ancaman signifikan)," pungkas dia.


Credit  Detiknews