Jumat, 10 April 2015

Iran Minta Pakistan Tolak Tawaran Saudi


Iran Minta Pakistan Tolak Tawaran Saudi
Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif meminta Pakistan untuk menolak permintaan Arab Saudi untuk turut menyerang Yaman.. Foto: Reuters
 
 
ISLAMABAD  (CB) - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif meminta Pakistan untuk menolak permintaan Arab Saudi untuk turut menyerang Yaman. Hal tersebut disampaikan Zarif kala melakukan kunjungan ke Pakistan.

Saudi beberapa waktu lalu dilaporkan meminta Pakistan untuk terlibat aktif dalam koalisi Teluk, dan membantu mereka menyerang pemberontak Houhti di Yaman. Saudi juga, meminta Pakistan untuk mengirimkan kapal perang, senjata dan pasukannya, sebagai bentuk dukungan terhadap koalisi Teluk.

“Saya berharap, Pemerintah Pakistan dapat menolak tawaran Arab Saudi dan koalisinya. Kita seharusnya bekerjasama mencari solusi politik terbaik untuk penyelesaian konflik di Yaman,” ucap Zarif, seperti dilansir Al Jazeera pada Kamis (9/4/2015).

Dirinya berpandangan, Yaman dan seluruh warganya tidak pantas mendapatkan perlakukan seperti itu. “Warga Yaman seharusnya tidak menghadapi serangan udara yang membombardir tanah kelahirannya. Mereka tidak sepantasnya menghadapi krisis kemanusiaan,” tambahnya.

Iran sendiri memang merupakan salah satu negara yang paling keras menolak serangan udara yang dilakukan Saudi dan sekutunya terhadap Yaman. Sementara itu, dalam dua pekan serangan di Yaman, setidaknya sudah 640 orang tewas, mayoritas mereka adalah warga sipil dan lebih dari 2.000 orang menderita luka-luka.


Credit  SINDOnews