Jumat, 26 Januari 2018

Qatar Berencana Beli S-400 Rusia


Qatar Berencana Beli S-400 Rusia
Pemerintah Qatar dilaporkan tengah dalam tahap pembicaraan dengan Rusia mengenai rencana pembelian sistem pertahanan udara S-400. Foto/Istimewa


MOSKOW - Pemerintah Qatar dilaporkan tengah dalam tahap pembicaraan dengan Rusia mengenai rencana pembelian sistem pertahanan udara S-400. Sistem pertahanan udara kebanggaan Rusia itu saat ini memang tengah digandrungi negara Timur Tengah.

Duta Besar Qatar untuk Rusia, Fahad bin Mohammed Al-Attiyah menyatakan, pembicaraan mengenai rencana pembelian S-400 oleh negaranya saat ini tengah memasuki tahap akhir. Namun, dia belum bisa memberikan kepastian kapan kesepakatan itu akan dicapai.

"Pembicaraan tentang subjek (S-400) berada pada tahap lebih lanjut," kata Fahad dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (25/1). Dia menambahkan, bahwa Qatar juga melakukan negosiasi pembelian perangkat keras militer untuk pasukan darat Qatar.

Sebelum Qatar, Arab Saudi sudah terlebih dahulu dilaporkan sedang terlibat pembicaraan dengan Rusia mengenai pembelian sistem pertahanan udara ini. Saudi dan Rusia bahkan dilaporkan telah menandatangani kesepakatan awal pembelian S-400 senilai USD 3 miliar atau lebih dari Rp40 triliun

Kesepakatan itu diketahui tercapai saat kunjungan bersejarah Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Moskow pada Oktober 2017 lalu.

Sementara itu, negara Timur Tengah lainnya, yakni Turki, saat ini tengah menunggu pengirikan tahap pertama S-400. Turki dan Rusia mencapai kesepakatan mengenai pembelian senjata itu pada awal 2017 lalu.





Credit  sindonews.com