Jumat, 24 Juli 2015

Charlie Chaplin Jadi Kandidat Tokoh dalam Mata Uang Inggris


Charlie Chaplin Jadi Kandidat Tokoh dalam Mata Uang Inggris 
 Charlie Chaplin masuk dalam nominasi artis yang wajahnya akan digunakan di mata uang pecahan 20 pound sterling di Inggris pada 2020. (Getty Images)
 
London, CB -- Bank Inggris mengatakan bahwa mereka sedang mempertimbangkan Charlie Chaplin untuk menjadi wajah baru yang akan tampil di mata uang pecahan 20 pound sterling. Nama Chaplin menjadi kandidat bersama dengan 591 artis lainnya yang sudah dinominasikan oleh masyarakat Inggris selama beberapa bulan terakhir.

Bank pusat Inggris sudah menerima sekitar 30 ribu nominasi dari masyarakat setelah mereka mengumumkan keinginannya untuk menampilkan muka artis di uang 20 pound sterling tersebut.

Keputusan terakhir akan dibuat oleh Gubernur Bank of England (BoE) Mark Carney, dan akan ditampilkan pada awal 2016. Kabarnya, versi baru dari uang 20 pound sterling itu akan beredar pada akhir 2020.

Para artis, penulis, sejarawan serta dua petinggi BoE akan membantu pemilihan tersebut.

Artis Inggris lainnya yang juga dinominasikan oleh publik adalah perancang busana Alexander McQueen, sutradara Alfred Hitchcock, serta aktor Laurence Olivier dan penulis Beatrix Potter.

"Fakta bahwa begitu banyak artis yang telah diajukan oleh masyarakat telah menggarisbawahi tingkat prestasi Inggris di bidang seni serta memperkuat bidang ini untuk dipajang di versi terbaru dari 20 pound sterling," kata Kepala Kasir BoE Victoria Cleland.

BoE juga mengatakan ingin menampilkan artis bersejarah namun tidak kontroversial. Mereka menginginkan artis yang telah membentuk pemikiran masyarakat Inggris, memberikan inovasi, kepemimpinan dan juga nilai-nilai.

Uang kertas Inggris selalu menampilkan Ratu Elizabeth II serta tokoh sejarah terkemuka di baliknya.


Credit  CNN Indonesia