Rabu, 29 Juli 2015

Panglima TNI Lantik 117 Perwira Prajurit Karier

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyalami KSAD Jenderal Mulyono.
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyalami KSAD Jenderal Mulyono.

CB, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bertindak selaku Inspektur Upacara pada pelantikan dan pengambilan sumpah 117 perwira prajurit karier TNI tahun 2015, terdiri 45 perwira TNI AD (38 pria dan 7 wanita), 45 perwira TNI AL (38 pria dan 7 wanita), dan 27 perwira TNI AU (24 pria dan 3 wanita) di Lapangan Saptamarga Akmil Magelang, Selasa (28/7).
Dalam amanatnya, Gatot mengucapkan selamat kepada para perwira yang telah berhasil menyelesaikan keseluruhan Pendidikan pertama prajurit karier, merupakan gerbang utama dalam memasuki kehidupan dan karier keprajuritan.
“Apapun prestasi yang dicapai oleh para perwira adalah tantangan yang harus dibuktikan dalam cipta, karsa, dan karya, sebagai bagian dari upaya membangun profesionalisme TNI sesuai bidang keilmuan yang para perwira sekalian miliki,” kata Gatot.
Dia juga menyampaikan, tuntutan profesionalisme telah mendorong TNI untuk melakukan penyempurnaan doktrin, kebijakan dan arah pengembangan kemampuan dan pembangunan kekuatan, yang didasarkan pada pemikiran. Pertama, pengembangan profesionalisme TNI sebagai subsistem dari sistem pembinaan kemampuan dan pembangunan kekuatan secara keseluruhan, bertahap dan berlanjut hingga akhir rencana strategi tahun 2024.
Kedua, pengembangan profesionalisme TNI merupakan inti atau subtansi pokok dari pembangunan SDM TNI, searah dengan kebijakan pembangunan sumber daya nasional. Ketiga, profesionalisme dibangun di atas soliditas kematraan TNI, menuju pembangunan TNI yang utuh, sebagai kekuatan pokok Sihankamrata (Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta) sebagaimana yang diamanatkan UUD 1945 dan Sishanta (Sistem Pertahanan Semesta) sesuai perintah Undang-Undang Pertahanan Negara.
"Keempat, profesionalisme serta soliditas adalah martabat dan kredibilitas TNI, yang implementasinya diarahkan bagi pencapaian pelaksanaan peran dan tugas TNI secara berkualitas," ujar Gatot.
Turut hadir dalam upacara tersebut di antaranya, KSAD Jenderal Mulyono, KSAL Laksamana Ade Supandi, KSAU Marsekal Agus Supriatna, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Bayu Purwiyono, Gubernur Akmil Mayjen  Sumardi, Gubernur AAL Mayjen (Mar) Guntur IC Lelono, Gubernur AAU Marsda Abdul Muis, Dankodiklat TNI Mayjen (Mar) Sturman Panjaitan, dan para orang tua prajurit karier TNI angkatan 2015.

Credit  REPUBLIKA.CO.ID