Rabu, 22 Juli 2015

Foto Menakjubkan Planet Bumi dari Ruang Angkasa


Foto Menakjubkan Planet Bumi dari Ruang Angkasa (CNN Indonesia/Reuters/NASA/Handout via Reuters )
 
Jakarta, CB -- Foto Bumi dipotret dari ruang angkasa? Itu sudah biasa. Tapi tak banyak yang hasilnya menakjubkan. Foto ini adalah salah satu yang menakjubkan. Itu adalah foto Bumi yang keseluruhannya diterangi sinar surya.

Satelit NASA, Deep Space Climate Observatory (DSCOVR) baru saja merilis foto terbaru Bumi yang diambil baru-baru ini. NASA menyebut foto perdana dari DSCOVR itu adalah EPIC. Itu karena foto itu dijepret dengan perangkat Earth Polychromatic Imaging Camera (EPIC), pada 6 Juli lalu. Perangkat ini memiliki empat kamera CCD 4 megapiksel dan teleskop. 


EPIC merekam Bumi dari jarak 1 juta mil. NASA akan mempublikasikan seri foto-foto Bumi setiap hari, yang dipotret oleh EPIC, pada September mendatang.

DSCOVR adalah pesawat yang dibangun atas kerjasama NASA, Angkatan Udara Amerika Serikat, dan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Pesawat ini diluncurkan pada 11 Februari 2015.

Sebetulnya misi DSCOVR sudah dibahas pada 1988 ketika Al Gore, yang kemudian menjadi Wakil Presiden AS, meminta supaya masyarakat dididik dan diinspirasi dengan gambar-gambar Bumi dari jutaan mil jauhnya, untuk mengungkapkan betapa dinamisnya planet ini.

Pesawat itu tadinya diberi nama Triana. Tapi minimnya dukungan membuat misi Triana tak pernah diluncurkan. Lalu 17 tahun kemudian NOAA mengeluarkan pesawat itu untuk menjalani misi dan nama baru: DSCOVR.

Foto Bumi dalam bentuk yang indah seperti itu terakhir direkam oleh astronaut Apollo 17 pada 1972. Foto semacam itu biasanya sulit diambil karena posisi kamera harus berada tepat di antara Bumi dan Matahari.

Credit  CNN Indonesia