Rabu, 22 Juli 2015

New Horizons Ungkap Gunung Es 'Muda' di Pluto


New Horizons Ungkap Gunung Es 'Muda' di Pluto 
 New Horizons kembali mengirimkan foto berisi gambar pegunungan es di Planet Pluto. Pegunungan ini diprediksi berusia lebih muda. (Dok. nasa.gov)
 
 
Jakarta, CB -- Pesawat antariksa NASA, New Horizons, yang terbang dekat Planet Pluto beberapa waktu lalu, kembali mengirimkan foto-foto menakjubkan dari planet itu.

Pesawat itu berhasil memotret pegunungan es kedua di planet itu, berada pada jarak sekitar 109 kilometer di barat laut Norgay Montes, pegunungan es pertama yang dipotret pesawat tersebut.


Foto pegunungan es kedua itu diterima NASA pada 20 Juli. Bentuknya seperti hati. Puncak gunung itu diyakini mencapai 804-1.609 meter. Pegunungan ini dinamakan Sputnik Planum.

Di sisi lain pegunungan ini, ada area ekuator besar nan gelap yang kemudian diberi nama Cthulhu. Para peneliti NASA menduga Sputnik Planum ini kemungkinan berusia masih sangat muda, yakni kurang dari 100 juta tahun. Sementara area gelap tersebut sudah ada sekitar miliaran tahun lalu.

"Ada perbedaan tekstur yang nyata di antara dataran beku yang berusia muda itu dibandingkan bagian timur dengan medan kawah yang gelap di bagian barat," ujar Jeff Moore selaku pimpinan New Horizons Geology, Geophysics and Imaging Team.

Moore melanjutkan, "kami masih mencoba memahami soal interaksi rumit di antara materi terang dan gelap tersebut."

Gambar keberadaan Sputnik Planum dipotret oleh New Horizons pada 14 Juli kemarin menggunakan instrumen Long Range Reconnaissance Imager (LORRI). New Horizons memotretnya di jarak 77.248 kilometer dari Pluto.

NASA berencana mengungkapkan gambar Pluto lebih banyak lagi pada Jumat besok (24/7). Kita tunggu saja bukti-bukti baru lainnya yang berhasil ditangkap oleh pesawat antariksa sebesar piano itu.

Credit  CNN Indonesia