Selasa, 07 April 2015

Punya Pandangan Seperti Radar


Helm Ini Bikin Pilot Punya Pandangan Seperti Radar
Helm canggih harga ratusan ribu dolar. (Foto: Ist)


WASHINTON  (CB) – Pilot pesawat tempur jenis F-35 Lightning II memiliki senjata rahasia yang sangat istimewa. Para pilot itu memakai sebuah helm yang memungkinkan mereka melihat seluruh badan pesawat.
Enam kamera inframerah yang dipasang di sekitar pesawat memungkinkan pilot untuk 'melihat melalui' air-frame. Hal itu menjadi sebuah keuntungan bagi sang pilot. Sebab mereka dapat melihat seluruh badan pesawat dan melindungi diri dari musuh-musuh mereka.
Bukan hanya itu, pilot-pilot itu juga memperoleh semua informasi yang mereka butuhkan. Mulai dari kecepatan udara, ketinggian dan bahkan sistem peringatan. Sistem-sistem itu diproyeksikan langsung ke helm canggih tersebut.
“Ketika helm itu berkoneksi langsung dengan mata sang pilot, Anda bisa hampir masuk ke dunia lain. Sebab semua informasi sudah tersedia,” kata Al Norman, pilot uji coba dari perusahaan Lockhead Martin.
Seperti pesawat jet tempur, harga membangun helm canggih itu sangat mahal. Jika ada negara yang ingin membeli helm itu, Lockhead Martin siap menjualnya dengan harga USD400.000.
“Tidak hanya itu. Anda bisa melihat seluruh negara hanya menggunakan helm ini,” sambungnya, , kepada Washington Post, Jumat (2/4/2015).


Credit Okezone.com