Selasa, 09 April 2019

Trump Ungkap Sosok Pembisik Soal Keputusan Akui Golan Milik Israel



Trump Ungkap Sosok Pembisik Soal Keputusan Akui Golan Milik Israel
Trump sebut Jared Kushner, menantu sekaligus penasihatnya, sebagai sosok pembisik dalam keputusannya untuk mengakui Golan sebagai milik Israel. Foto/Istimewa


WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengungkap sosok di balik kebijakannya membuat keputusan untuk mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai milik Israel. Sosok tersebut adalah Jared Kushner, menantu sekaligus penasihat Trump.

Berbicara saat pertemuan Koalisi Yahudi Republik di Las Vegas, Trump mengatakan dia membuat keputusan itu dengan sangat cepat, setelah sebelumnya mendapatkan pelajaran sejarah singkat dari Kushner.

Trump mengatakan, pelajaran itu dia dapat saat menggelar dalam diskusi mengenai sambungan telepon dengan Kusher, Duta Besar AS untuk Israel David Friedman, serta penasihat Gedung Putih untuk Israel Jason Greenblatt, mengenai situasi Golan.

"Saya katakan kepada mereka, bantu saya, beri aku sedikit sejarah, cepat. Saya Ingin cepat, saya punya banyak hal yang sedang saya kerjakan, mulai dari China hingga Korea Utara. Beri saya penjelasan singkat," kata Trump, seperti dilansir PressTV pada Senin (8/4).

Pasca diskusi tersebut, Trump kemudian mengatakan, dia langsung mengusulkan untuk mengakui Golan sebagai milik Israel. Usulan ini, papar Trump, mengejutkan Friedman dan juga Grenbalt.

"Saya membuat keputusan, itu sudah selesai. Kami membuat keputusan cepat dan kami membuat keputusan yang baik," ungkapnya.

Seperti diketahui, pada 25 Maret Trump menandatangi sebuah dokumen yang berisi pengakuan atas kedaulatan Israel di Dataran Tinggi Golan. Dokumen ini diteken saat Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengunjungi Washington. 



Credit  sindonews.com