Kamis, 15 September 2016

China Nilai Kerjasama Keamanan dengan Rusia Sangat Penting

 
China Nilai Kerjasama Keamanan dengan Rusia Sangat Penting
(Istimewa)
 
BEIJING - Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa sangat mendesak dan penting untuk melaksanakan kerjasama keamanan dengan Rusia. Hal itu dikatakannya saat bertemu dengan sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Nikolai Patrushev.

Dalam pertemuan itu, Jinping menyerukan agar kedua negara menjalankan secara penuh mekanisme kerjasama yang ada untuk lebih meningkatkan konsultasi keamanan dan pertukaran informasi keamanan. Saat bertemu dengan rekannya asal Rusia, Vladimir Putin, Jinping mengatakan mereka telah mencapai konsensus yang penting untuk meningkatkan kerjasama bilateral.

"Kami berdua sepakat bahwa China dan Rusia harus saling memperkuat, mendukung isu-isu utama dan mengkonsolidasikan saling percaya dalam politik," kata Jinping, merujuk pada pertemuannya dengan Putin seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (15/9/2016).

Lebih lanjut Jinping menyerukan untuk melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mengintegrasikan China Belt dan Road Initiative dengan Rusia Uni Ekonomi Eurasia. Ia juga menyerukan untuk memperkuat koordinasi dalam urusan internasional dan regional.

"Tidak peduli bagaimana situasi internasional atau perubahan lingkungan eksternal, kedua negara harus bekerja keras untuk mewujudkan tujuan pembangunan dan revitalisasi mereka serta untuk menjaga perdamaian dunia dan stabilitas serta ekuitas internasional dan keadilan," katanya.

Sementara Patrushev mengatakan China dan Rusia merupakan faktor penting untuk menstbilkan urusan internasional. Pasalnya, kedua negara melakukan komunikasi yang erat pada isu-isu keamanan global dan regional utama, serta di organisasi multilateral seperti PBB.

Ia mengatakan Rusia menilai Belt China dan Road Initiative sangat penting. Rusia bersedia bekerjasama dengan China untuk lebih meningkatkan koordinasi strategis dan kerjasama yang saling menguntungkan.


Credit  Sindonews