Senin, 26 September 2016

Dua Jenderal AS Dipecat, Salah Satu Diduga karena "Kumpul Kebo"

 
Dua Jenderal AS Dipecat, Salah Satu Diduga karena Kumpul Kebo
Brigadir Jenderal Michael Bobeck, jenderal AS yang dipecat setelah diduga terlibat skandal 'kumpul kebo' dengan eksekutif kontraktor Angkatan Darat AS. | (U.S. Army)
 
WASHINGTON - Militer Amerika Serikat (AS) memecat dua jendral senior. Salah satu dari mereka diduga terlibat skandal “hubungan di luar nikah” atau “kumpul kebo” dengan kontraktor Angkatan Darat AS.

Brigadir Jenderal Michael Bobeck, diduga menjalani hubungan di luar nikah di rumah sewa. Bocoran informasi skandal Jenderal Bobeck itu menyebar sehingga memicu penyelidikan internal.

Militer AS juga mengumumkan pemecatan  Mayor Jenderal Wayne Grigsby, Komandan Divisi Infanteri 1 di Fort Riley, Kansas. Militer AS tidak merinci secara jelas penyebab pasti pemecatan kedua jenderal senior itu.

Bobeck merupakan mantan pilot helikopter yang memimpin program penerbangan Garda Nasional. Dia diselidiki setelah tinggal di sebuah rumah sewa atau apartemen milik eksekutif Peduzzi Associates Ltd.

Peduzzi adalah perusahaan konsultan dengan divisi yang menawarkan dukungan kepada militer Pemerintah AS. Perusahaan itu telah melakukan bisnis dengan Departemen Pertahanan atau Pentagon.

Pengacara Bobeck, Letnan Kolonel Adam Kazin, mengatakan bahwa jenderal tersebut menyangkal telah melakukan kesalahan atau terlibat insider trading dengan perusahaan.

”Setiap implikasi bahwa ada kesalahan itu sangat menjengkelkan dia,” kata Kazin. ”Menyalahgunakan posisinya untuk memperkaya diri tidak sejalan dengan bagaimana dia memandang dirinya sendiri,” lanjut dia.

Kazin mengatakan, Bobeck telah meminta agar privasi keluarganya dilindungi. Menurut USA Today, Peduzzi muncul pada catatan Kongres sebagai pelobi untuk Sikorsky, sebuah divisi dari kontraktor pertahanan AS Lockheed Martin.

Sikorsky membangun helikopter militer, termasuk Black Hawk, helikopter transportasi untuk tugas aktif dan unit Garda Nasional.

Joe Ferreira, eksekutif Peduzzi memperbolehkan Bobeck untuk tinggal di sebuah apartemen bawah tanah menyusul perceraiannya.

Ferreria mengatakan bahwa persahabatan mereka sudah lama terjalin. Menurutnya, akomodasi gratis untuk Bobeck tidak ada hubungannya dengan bisnisnya.

Ferrerira melanjutkan, Bobeck tinggal di apartemen itu setelah menceraikan istrinya. ”Saya yakin ini adalah apa yang teman lakukan untuk teman,” kata Ferreira melalui e-mail, sebagaimana dikutip Russia Today, Minggu (25/9/2016).




Credit  Sindonews