Senin, 26 September 2016

Penampakan Benda-benda Mencurigakan di Sumenep yang Dikira Bagian Pesawat


Penampakan Benda-benda Mencurigakan di Sumenep yang Dikira Bagian Pesawat
Foto: Istimewa

Surabaya - Warga Giliraja dan Giligenting, Sumenep, Jawa Timur, kaget setelah menemukan benda-benda misterius di perairan dan daratan. Mereka mengira itu bagian pesawat. Benarkah?

Ada beberapa benda yang ditemukan. Dari foto-foto yang didapatkan detikcom, ada yang mirip onderdil mesin. Ada juga yang mirip tabung terbungkus plastik.

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Kondisinya bervariasi. Ukurannya juga. Ada yang hangus, ada yang utuh.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan polisi turun tangan. Namun mereka belum bisa memastikan.

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Kepala BPBD Kabupaten Sumenep Febrianto mengatakan, "Kabarnya begitu (pesawat jatuh). (Benda yang ditemukan) Sekarang sudah ada di Kepala Desa Bringsang Kecamatan Gili Genting."

Polsek Giligenting juga masih menyelidiki benda-benda tersebut.

"Saat ini masih dilakukan penyelidikan, apakah benar serpihan itu dari pesawat jatuh," kata Brigadir Medi Kurniawan, provost Polsek Bringsang, saat dihubungi detikcom melalui telepon seluler, Senin (26/9/2016).

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Benda-benda tersebut menurut warga, jatuh di perairan dan rumah warga pada pukul 10.00 WIB. Tak diketahui sumbernya. Beruntung, tidak ada warga yang kejatuhan.

"Selain jatuh di Giligenting, serpihan juga ditemukan di Kepulauan Gili Raja," jelas Medi.

Foto: IstimewaFoto: Istimewa





Credit  detikNews


Jalur Pesawat dan Gambaran Lokasi Penemuan Benda Mencurigakan di Sumenep

Jalur Pesawat dan Gambaran Lokasi Penemuan Benda Mencurigakan di Sumenep
Foto: Istimewa


Surabaya - Pagi yang heboh di Kecamatan Gili Raja dan Giligenting, Sumenep, Jawa Timur, Senin (26/9/2016). Beberapa benda jatuh dari langit sekitar pukul 10.00 WIB. Warga curiga itu serpihan pesawat. Padahal di situ bukan lintasan pesawat. Jadi apa?

Foto di atas menunjukkan lintasan pesawat komersial. Sumenep yang berada di bawah, memang tak dilintasi. Bandara Juanda memastikan hal itu.

"Sumenep bukan jalur pesawat komersial," kata petugas Administrasi Bandara Juanda Sidoarjo, Herdiono. Kemenhub dan AirNav Indonesia juga menyebut, tidak ada pesawat jatuh di Sumenep.

Mungkinkah pesawat militer? Herdiono mengaku tak tahu. Bisa saja itu terjadi. Namun ia mengaku tak mendapatkan laporan pesawat militer melintas di jalur tersebut.

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Benda-benda mencurigakan ditemukan di perairan dan daratan. Bahkan ada yang jatuh di kandang sapi. Beruntung, tidak ada korban jiwa.

Dari foto-foto yang didapatkan detikcom, bentuk, kondisi, dan ukuran benda-benda tersebut bervariasi. Ada yang mirip onderdil mesin, serupa tabung terbungkus plastik. Ada yang hangus, ada yang utuh.

Lokasi jatuhnya benda bukan tempat yang mudah dijangkau dari Sumenep. Sebab lokasi berada di pulau tersendiri. Jadi harus menggunakan menyeberangi perairan.

Sejak menerima laporan, polisi, BPBD, dan pihak-pihak terkait turun ke lokasi. "Belum (tahu). Saya masih di atas, ini di atas kapal," kata Kapolres Sumenep AKBP Josep Ananta Pinora saat dihubungi detikcom, Senin (26/9/2016).

"Saya masih perjalanan," kata kapolres yang baru menjabat ini.

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Di Kecamatan Giligenting, terdapat tiga lokasi yang ditemukan serpihan dan benda misterius yang diduga bagian pesawat. Selain benda berbentuk tabung berdiameter 50 cm yang jatuh di kandang sapi, ada juga benda semacam onderdil dan serpihan kecil.

Menurut keterangan Camat Giligenting Yudha Yanuar Bahtiar, warga mendengar suara ledakan di udara dan melihat badan pesawat jatuh ke laut. Namun, ia sendiri tak bisa memastikan apakah benda itu bagian pesawat atau bukan.

Jadi, benda apakah yang berceceran di perairan dan daratan Sumenep?

Foto: IstimewaFoto: Istimewa


Credit  detikNews

Bandara Juanda: Tidak Ada Pesawat Melintas di Atas Sumenep


Surabaya - Warga di Kepulauan Giligenting dan Kepulauan Giliraja Sumenep, pukul 10.00 WIB, dihebohkan dengan jatuhnya benda misterius dari langit. Pihak Administrasi Bandara Juanda mengatakan wilayah tersebut bukan lintasan pesawat.

"Wilayah itu bukan lintasan pesawat komersial," jelas Herdiono, salah satu petugas Administrasi Bandara Juanda Sidoarjo, Herdiono, saat berbincang dengan detikcom melalui sambungan telepon, Senin (26/9/2016).

Meski bukan lintasan pesawat komersial tambah Herdiono, wilayah tersebut bisa saja dipakai pesawat militer. "Kalau militer bebas. Bisa saja. Namun kita tidak mendapat laporan adanya pesawat militer yang melintas saat itu," kata Herdiono.

Menurut Herdiono, pihaknya sampai saat ini masih belum mendapat kabar adanya pesawat yang diduga jatuh di sekitar Kepulauan Giligenting. "Sampai saat ini kita masih belum mendapat kabar," pungkas Herdiono.

Pihak Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep juga belum mengetahui secara pasti benda dan serpihan yang ditemukan warga Dusun Taman Kecamatan Gili Genting itu dari pesawat atau bukan.

"Maaf mba, masih kita telusuri apakah benar itu serpihan atau benda dari pesawat," kata Yadi, seorang petugas bandara saat dihubungi detikcom.

Yadi mengaku hingga kini pihak bandara masih menelusuri kebenarannya. Sebab pihak Air Traffic Controller (ATC) masih clear. "Sampai saat ini dari pihak ATC masih clear atau tidak ada kabar apa-apa," tambahnya.

Kemenhub dan AirNav sebelumnya juga menyebutkan, tidak ada pesawat jatuh di Sumenep. Sudah dicek ke berbagai maskapai, tidak ada yang melaporkan kehilangan pesawat.

Credit  detikNews