Senin, 26 September 2016

RI-Liga Arab Sepakat Tingkatkan Kerjasama di Berbagai Bidang


 
RI-Liga Arab Sepakat Tingkatkan Kerjasama di Berbagai Bidang
Indonesia dan Liga Arab telah menandatangani keputusan bersama untuk meningkatkan kerja sama konkret di berbagai bidang yang tertuang dalamMemorandum of Cooperation. (Istimewa)
 
NEW YORK -  Indonesia dan Liga Arab telah menandatangani keputusan bersama untuk meningkatkan kerja sama konkret di berbagai bidang yang tertuang dalam Memorandum of Cooperation (MoC). Kesepakatan ini ditandatangani di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-71 di New York, Amerika Serikat (AS).

Menurut keterangan pers Kementerian Luar Negeri Indonesia yang diterima Sindonews pada Minggu (25/9), Penandatanganan MoC tersebut dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno L.P. Marsudi, dengan Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit.

"Bidang kerja sama yang tercakup di dalam MoC tersebut antara lain perdamaian dan keamanan, ekonomi, ilmu pengetahuan, pendidikan, dan kebudayaan," kata Kemlu dalam keterangannya.

"Dengan ditandatanganinya MoC tersebut Indonesia memiliki akses terhadap 22 anggota Liga Arab, sehingga kerja sama yang dapat dilakukan dengan negara-negara di kawasan tersebut akan semakin luas dan intensif," sambungnya,

Penandatanganan MoC ini, lanjut Kemlu juga merupakan capaian signifikan hubungan Indonesia dengan Liga Arab, dan mendorong kemitraan dengan organisasi tersebut menjadi lebih terbuka dan konkret. Kedua pihak juga berkomitmen untuk terus menjaga kesinambungan kerja sama ini di masa depan. 
                                                                                                           
Kemlu menambahkan, Liga Arab yang  merupakan salah satu organisasi regional tertua di dunia memiliki peran penting di mata Indonesia, baik secara historis maupun strategis. Secara historis, Liga Arab merupakan salah satu dari sedikit pihak yang mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Adapun secara strategis, Liga Arab merupakan salah satu mitra utama Indonesia dalam mengedepankan kepentingan nasional yang secara konkret bermanfaat bagi kepentingan masyarakat di kedua kawasan.



Credit  Sindonews