Selasa, 07 Agustus 2018

Rusia Usir Diplomat Yunani


Yunani
Yunani
Foto: VOA
Kunjungan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov ke Yunani terancam batal.



CB, MOSKOW -- Rusia mengusir diplomat Yunani sebagai bentuk pembalasan atas tindakan Yunani yang mengusir dua diplomat Rusia. Seorang pejabat senior dari Kementerian Luar Negeri Yunani juga telah dilarang memasuki Rusia.


Pada Senin (6/8), pemerintah Rusia telah memanggil duta besar Yunani untuk Moskow Andreas Friganas untuk menyampaikan sikap Rusia atas keputusan tidak bersahabat Yunani. Dalam panggilan itu, Kementerian Luar Negeri Rusia menyerahkan kepada Friganas sebuah catatan yang memberitahukan tindakan tit-for-tat yang diambil oleh pihak Rusia.

Kementerian itu, dalam pernyataannya, tidak menyebutkan nama diplomat Yunani yang diusir. Namun, kantor berita RIA  mengatakan Moskow telah mengusir perwakilan perdagangan Yunani serta seorang karyawan diplomatik Yunani yang bertanggung jawab atas kebijakan komunikasi negara itu di Rusia.


Yunani pada Juli mengusir dua diplomat Rusia dan melarang dua orang lainnya memasuki negara itu. Mereka diduga berusaha menyuap para pejabat dan memicu demonstrasi untuk menggagalkan kesepakatan yang mengizinkan Makedonia bergabung dengan NATO. Rusia dengan tegas membantah tuduhan tersebut.



Masalah Makedonia sangat sensitif di Yunani, di mana stabilitas politik sangat penting saat negara mengalami krisis utang besar. Koalisi kiri-kanan Perdana Menteri Alexis Tsipras baru-baru ini kehilangan dua anggota parlemen yang mengundurkan diri setelah kesepakatan antara Athena dan Skopje untuk mengganti nama Makedonia. Ini membawa mayoritas parlemennya menjadi 152 dari total 300 kursi.

Keputusan Yunani untuk mengusir para diplomat Rusia membuat hubungan kedua negara menjadi tidak harmonis. Duta besar Rusia untuk Yunani menyebut tuduhan terhadap para diplomat Rusia "omong kosong". Ia menuduh Athena bertindak tanpa bukti. Kementerian Luar Negeri Rusia juga memperingatkan Yuani akan konsekuensi yang akan mereka hadapi.


Walapupun telah mengusir dilomat Rusia, Yunani masih berharap hubungan yang baik dengan Rusia. Namun, pada kenyataannya hubungan kedua negara semakin memburuk. Kunjungan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov yang direncanakan ke Yunani pada September dijadwalkan batal. 




Credit  republika.co.id