Senin, 27 Agustus 2018

Rekam Jejak John McCain di Panggung Politik AS


Rekam Jejak John McCain di Panggung Politik AS
John McCain, senator Partai Republik AS dikenal memiliki rekam jejak panjang dalam kemiliteran dan kancah politik negaranya. (REUTERS/Carlos Barria).


Jakarta, CB -- John McCain, senator Partai Republik Amerika Serikat (AS) yang meninggal karena kanker otak, memiliki rekam jejak panjang dalam kemiliteran dan kancah politik AS. Bahkan, ia disematkan sebagai pahlawan dalam keterlibatannya di Perang Vietnam, dimana ia menghabiskan lima tahun dalam hidupnya sebagai tahanan.

Yang menarik dari pribadi McCain adalah sikap politiknya yang acap kali berseberangan dengan ciri khas partai tempat ia bernaung. Berikut ini fakta-fakta tentang riwayat McCain seperti dilansir Reuters, Minggu (26/8).




  • McCain masuk Akademi Angkatan Laut AS mengikuti jejak ayah dan kakeknya yang berpangkat jenderal. Di AL AS, McCain sering melawan peraturan yang berlaku. Ia pun lulus dengan nilai pas-pasan.
  • Pesawat yang diawaki McCain ditembak jatuh dalam pertempuran di udara Vietnam pada 1967 silam. Ia disekap dan diisolasi selama lima tahun. Tak hanya itu, ia juga mendapatkan siksaan dan pemukulan yang mengakibatkannya cacat permanen. Pengalamannya tersebut membawa ia menjadi pengkritik keras teknik interogasi yang digunakan oleh negaranya.
  • Di awal karir politiknya, McCain bekerja di pabrik bir Arizona milik ayah mertuanya. Sejak saat itu, McCain terpilih masuk parlemen AS pada 1982 dan memenangi kursi senat pertama pada 1986.
  • Pengalaman politik McCain tergolong pahit. Pada kontes pemilihan presiden AS tahun 2000 lalu, sewaktu bersaing dengan George W Bush untuk mewakili Partai Republik, ia berhasil unggul meyakinkan dalam pemilu di negara bagian pertama. Namun, performanya setelah itu malah memburuk hingga membuatnya menyerahkan tiket calon presiden Republik ke tangan Bush.
  • Getir di karir politik yang dirasakan McCain berlanjut pada 2008. Ketika ia sudah memenangi tiket calon presiden dari partainya, namun ia kalah dari Barrack Obama yang mewakili Partai Demokrat.
  • McCain juga dikenal sebagai penentang hak aborsi seperti anggota Partai Republik pada umumnya. Namun, ia mendukung pasar bebas. Keberpihakannya tersebut menentang kebijakan partainya dalam proses pembuatan undang-undang.
  • Hubungan McCain dengan Presiden AS Donald Trump diketahui sengit. McCain kerap mengkritik retorika Trump soal imigrasi ilegal. McCain sempat mendukung Trump ketika tiket calon presiden dari Partai Republik sudah dipegang taipan properti itu. Namun, tak berselang lama, ia mencabut dukungannya setelah muncul rekaman yang mengungkap pelecehan seksual yang dilakukan Trump. Sejak saat itu, McCain langganan mengkritik Trump.
  • McCain pernah menjalani operasi di Arizona untuk menyembuhkan penggumpalan darah di belakang mata kirinya pada 2017 lalu. Namun, tim dokter malah menemukan tumor otak ganas berdiam di kepala McCain.





Credit  cnnindonesia.com