Senin, 03 Oktober 2016

Militan Kashmir Serbu Kamp Tentara India, Seorang Tewas

 
Militan Kashmir Serbu Kamp Tentara India, Seorang Tewas  
Sedikitnya enam orang militan menyerbu kamp tentara India di utara Kashmir pada Minggu malam. (Reuters/Danish Ismail)
 
Jakarta, CB -- Sedikitnya enam orang militan menyerbu kamp tentara India di utara Kashmir pada Minggu malam (1/9). Seorang tentara tewas dalam peristiwa yang diprediksi bakal semakin meningkatkan ketegangan antara India dan Pakistan ini.

Diberitakan Reuters, serangan terjadi di kamp tentara India 46 Rastriya Rifles di Baramulla yang menampung pasukan penjaga perbatasan (BSF). Serangan terjadi pada 22.30, lalu baku tembak tidak terelakkan.

"Seorang personel BSF terbunuh dan seorang lainnya terluka saat militan mencoba memasuki kamp tentara," kata seorang polisi setempat Imtiyaz Hussein.

Media lokal menyebut dua penyerang tewas terbunuh, namun laporan ini belum bisa dikonfirmasi.

Baramulla adalah distrik yang terletak antara Srinagar dan Uri, tempat terjadinya serangan 18 September ke pangkalan militer India.

Penyerbuan kali ini terjadi setelah India melancarkan "serangan presisi" ke markas militan di wilayah yang dikuasai Pakistan di Kashmir. Serangan pasukan India ini dibantah oleh Pakistan.

Hubungan Pakistan dan India tegang setelah pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi menuding Pakistan mendukung terorisme.

India bahkan melancarkan kampanye untuk mengisolir Pakistan di ranah internasional, dimulai dari PBB.

Dua negara bertetangga yang memiliki senjata nuklir ini berebut Kashmir sejak kemerdekaan keduanya 70 tahun lalu.

India dan Pakistan pernah berperang tiga kali, dua di antaranya akibat memperebutkan Kashmir. Saat ini keduanya menguasai sebagian wilayah Kashmir, namun mengklaim memiliki semuanya.


Credit  CNN Indonesia