Selasa, 24 November 2015

Ledakan Terjadi di Kuil Yasukuni Jepang

Tim penjinak bom tiba di lokasi (Foto: BBC)
Tim penjinak bom tiba di lokasi (Foto: BBC)
TOKYO (CB) – Dilaporkan terjadi ledakan di Kuil Yasukuni yang berlokasi di Kota Tokyo, Jepang, pada pagi ini waktu setempat. Kuil tersebut berfungsi sebagai tempat untuk menghormati arwah yang meninggal di medan perang.
Sebagaimana dilansir AP, Senin (23/11/2015), pemadam kebakaran langsung datang ke lokasi untuk memadamkan api yang disebabkan ledakan itu. Salah satu pejabat Pemadam Kebakaran Tokyo mengatakan ledakan tersebut merusak tembok dan atap kamar mandi kuil itu.
Ia menambahkan, ketika tim pemadam kebakaran sampai di lokasi, api telah padam. Hingga kini belum diketahui penyebab ledakan tersebut. Namun, salah satu media Jepang menjelaskan bahwa polisi curiga ada unsur kesengajaan dari ledakan ini.
Media di Jepang juga menerangkan bahwa polisi sempat menemukan baterai dan kabel yang dicurigai bagian dari sebuah rangkaian bom. Polisi masih akan menyelidiki rekaman dari kamera CCTV untuk mencari tahu apa dan siapa yang menyebabkan ledakan tersebut.
Kepolisian Tokyo sendiri dilaporkan menolak memberikan komentar mengenai ledakan ini.
Kuil Yasukuni sendiri sering dijadikan objek kritikan dari negara-negara tetangga yaitu China dan Korea Selatan yang menderita akibat invasi Jepang di Perang Dunia II.
Selain menghormati arwah para prajurit yang tewas di medan perang, ternyata kuil ini juga dimaksudkan untuk menghormati arwah para penjahat perang yang juga menjadi salah satu kontroversi kuil tersebut.


Credit  Okezone