Rabu, 21 September 2016

Jet Tempur Israel Tembak Jatuh Drone Hamas

 
Jet Tempur Israel Tembak Jatuh Drone Hamas
Pesawat jet tempur F-15 Angkatan Udara Israel. | (REUTERS)
 
ASHDOD - Pesawat jet tempur Israel menembak jatuh drone milik Hamas di wilayah Ashdod, Israel. Pesawat nirawak Hamas itu ditembak jatuh karena dituduh menerobos wilayah udara Israel pada hari Selasa siang.

”IDF (Pasukan Pertahanan Israel) tidak akan mengizinkan pelanggaran ruang udara, dan akan bertindak dengan tekad melawan setiap upaya seperti itu,” bunyi pernyataan IDF, seperti dikutip dari Jerusalem Post, Rabu (21/9/2016).

Menurut IDF, pesawat tak berawak Hamas berada di bawah pengawasan penuh tak lama setelah lepas landas dari Gaza. Oleh IDF, drone Hamas tidak dibiarkan leluasa menyusup ke Israel.

Dalam beberapa tahun terakhir, drone Hamas telah berkali-kali mendekati wilayah Israel. Bahkan terkadang sudah melanggar wilayah udara Israel, namun selalu ditembak baik oleh rudal darat maupun rudal jet tempur IDF.

Pada bulan Juni 2015, sebuah pesawat tak berawak dari Gaza jatuh di wilayah Israel di dekat pagar perbatasan Gaza dengan Israel. IDF saat itu mengklaim drone tersebut jatuh sendiri di dekat perbatasan Israel.

Pada bulan Februari tahun ini, inspektur Otoritas Penyebarangan bersama dengan lembaga intelijen Shin Bet menggagalkan upaya penyelundupan drone multicopter komersial ke Gaza.

Hamas diketahui mulai menggunakan drone untuk operasi militer sejak perang dengan Israel pada 2014 lalu. Namun, operasi drone Hamas ke wilayah Israel saat itu selalu digagalkan Israel dengan tembakan rudal patriot.





Credit  Sindonews