Kamis, 01 Oktober 2015

Hiu Langka Bertampang Aneh Tertangkap di Skotlandia

Hiu Kucing Palsu yang langka dan aneh (Foto: Dailymail)
Hiu Kucing Palsu yang langka dan aneh (Foto: Dailymail)
EDINBURGH (CB) – Seekor hiu sepanjang dua meter tertangkap di Perairan Skotlandia. Hiu jenis ini kerap dibanding-bandingkan dengan ikan blobfish yang jelek atau bahkan dengan sofa butut, namun spesies hiu langka ini telah menghuni perairan dalam di lepas pantai Skotlandia.
Hiu Kucing Palsu, juga dikenal sebagai Psuedotrakias microdon, ditangkap oleh para ahli biologi kelautan sebagai bagian dalam survei penandaan makhluk-makhluk laut dekat kepulauan Isle of Barra di Outer Hebrides.
Ini adalah kedua kalinya, ikan yang bisa tumbuh hingga mencapai tiga meter ini ditemukan di perairan sekitar Skotlandia.
Hidup di kedalaman hingga 1.400 meter, hiu ini bisa ditemukan di seluruh dunia, termasuk di lepas pantai Kanada, Brasil, Portugal, Islandia, Selandia Baru, Hawaii dan Jepang.
Dengan mata yang panjang dan sempit serta bentuk tubuh besar, hiu ini biasa berenang perlahan-lahan di sepanjang dasar laut, memangsa ikan-ikan, invertebrata, dan sisa-sisa bangkai.
Seorang juru bicara untuk Scottish Shark Tagging Programme mengatakan ikan hiu dengan panjang dua meter, berbobot 60 kilogram, dan berpenampilan aneh ini mendapat julukan “hiu sofa”.
Dr Francis Neat, anggota tim Marinir Skotlandia yang mengambil bagian dalam survei ini, mengatakan, “Saya cukup terkejut ketika ikan ini mendarat di perahu kami. Kami tidak pernah melihatnya dalam sepuluh tahun ini.”
Seperti diberitakan Daily Mail, para peneliti dengan cepat mengukur dan menimbang hewan tersebut sebelum kembali dilepaskan ke air.


Credit  Okezone