Senin, 24 Juli 2017

Situs Purba Terpendam di Garut, Lebih Besar dari Gunung Padang?


CB, Garut - Setelah gunung diduga piramida kuno menghebohkan pada beberapa tahun lalu, perhatian kalangan peneliti purbakala kembali tertuju ke Kabupaten Garut, Jawa Barat. Bahkan, sebuah tim arkeolog telah menyambangi lokasi situs purbakala atau peninggalan megalitikum atau mirip situs Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat, yang ditemukan di Desa Margalaksana, Kecamatan Bungbulang, Garut.

Terkait hal itu, Wakil Bupati (Wabup) Helmi Budiman mengatakan, Pemerintah Kabupaten Garut, segera mengkaji penemuan situs purbakala atau peninggalan megalitikum di Desa Margalaksana, Kecamatan Bungbulang tersebut.

"Memang kita telah mendapatkan laporan warga adanya situs itu, kita pun sudah menindaklanjuti dengan mengirimkan tim ahli ke lapangan," ucap dia saat ditemui usai peresmian Pesantren Lembaga Pemasyarakatan Garut, Jumat sore, 21 Juli 2017.

Menurut Helmi, adanya penemuan situs purbakala tersebut mesti dibarengi hasil penelitian lapangan. Apalagi, data awal mengenai situs yang konon lebih besar dari Gunung Padang, Cianjur, itu masih terbilang minim.

"Kita perlu teliti terlebih dahulu, kita sudah kirimkan tim dan kita imbau kepada warga, awas banyak spekulan yang membeli tanah itu, karena itu sangat bernilai," ujar dia.

Saat ditanya apakah nantinya kawasan itu akan dijadikan kawasan cagar budaya, Helmi mengatakan masih menunggu hasil kajian dan penelitian dari lapangan.


"Makanya saya butuh masukan dari ahli, apakah nanti jadi cagar budaya atau apa? Yang jelas butuh kajian, makanya saat dikaji batunya jangan ada yang rusak, pelihara dulu jangan dijual," tutur Wabup Garut.


Belum lama ini, masyarakat Desa Margalaksana, Kecamatan Bungbulang, Garut, menemukan kompleks bebatuan mirip situs Gunung Padang, Cianjur. Berdasarkan kajian awal tim Masyarakat Arkeologi Indonesia (MARI) yang telah meneliti di kawasan itu, batuan bersusun tersebut diprediksi berusia 3.000 tahun sebelum Masehi (SM).

Komplek Batu Raden biasa masyarakat setempat memanggil kawasan itu, berpotensi menjadi penemuan situs purbakala atau peninggalan megalitikum terbesar mengalahkan situs Gunung Padang yang memiliki luas bagian permukaan sekitar 900 meter persegi.





Credit  Liputan6.com




Garut Segera Kaji Temuan Situs Batu Purbakala

Ilustrasi
Ilustrasi

CB, BANDUNG -- Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, segera melakukan kajian terkait dugaan situs batu peninggalan zaman purbakala yang ditemukan di Desa Margalaksana, Kecamatan Bungbulang, Garut, untuk mengetahui kebenaran silsilah sejarahnya.

"Kita telah mendapatkan laporan warga adanya situs itu, kita pun sudah menindaklanjuti dengan mengirimkan tim ahli ke lapangan," kata Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman kepada wartawan di Garut, Jumat (21/7).

Ia menuturkan, batu yang ditemukan warga tersebut masih dalam tahap penelitian di lapangan, untuk hasil sementaranya belum dapat dipastikan sebagai situs.

Termasuk informasi yang berkembang lebih besar daripada situs Gunung Padang, Kabupaten Cianjur, kata Helmi, perlu ada tindak lanjut kajian untuk memastikannya. "Perlu teliti terlebih dahulu, kita sudah kirimkan tim," katanya.

Terkait akan dijadikan cagar budaya, Helmi menyatakan belum dapat menentukan, karena masih menunggu hasil penelitian. Pemerintah daerah, kata Helmi, membutuhkan masukan dari para ahli hasil penelitiannya untuk melindungi benda yang diduga peninggalan zaman purbakala itu. "Saya butuh masukan dari ahli, apakah nanti jadi cagar budaya atau apa, yang jelas butuh kajian," katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak mudah tergiur adanya pihak yang ingin membeli tanah di kawasan penemuan situs batu tersebut.

Helmi juga mengimbau masyarakat untuk menjaga dan memelihara batu tersebut agar tidak rusak apalagi hilang atau dijual.
"Batunya jangan ada yang rusak, pelihara dulu jangan dijual," katanya.

Sebelumnya warga menemukan batuan berbentuk balok di Desa Margalaksana yang tersusun rapih membentuk dinding dengan ketinggian sekitar 50 meter dan panjang bentangan sekitar satu kilometer lebih. Selain bebatuan berbentuk balok, pancang dan tiang berbagai ukuran, ditemukan juga batu bundar bersusun yang disebut batu susun.




Credit  REPUBLIKA.CO.ID