Senin, 24 Juli 2017

Anthony Scaramucci, Juru Bicara Baru di Gedung Putih


Anthony Scaramucci, Juru Bicara Baru di Gedung Putih 
Gedung Putih punya juru bicara baru yang disebut-sebut sebagai 'orang Trump.' (AFP PHOTO / FABRICE COFFRINI)


Jakarta, CB -- Ada pergantian besar di Gedung Putih. Sean Spicer yang selama ini dikenal sebagai juru bicaranya mundur, Jumat (21/7). Sementara ekonom New York Anthony Scaramucci ditunjuk sebagai pengganti.

Menurut New York Times, keputusan Spicer untuk mundur terjadi pada Jumat pagi. Presiden Donald Trump langsung yang menawari Scaramucci pekerjaan, dan menanyakan apakah Spicer mau tetap bekerja sebagai juru bicara.

Ia memutuskan mundur karena tidak ingin terjadi kebingungan karena jika ia bertahan, komunikasi dari Gedung Putih bisa berasal dari dua pintu.



Masuknya Scaramucci ke Gedung Putih, mengutip CNN, dispekulasi menjadi salah satu bukti bahwa Trump ingin dirinya dikelilingi oleh orang-orang yang setia padanya. Spicer disebut-sebut bukan ‘orang Trump.’

Ia dibawa masuk ke Gedung Putih oleh Reince Priebus, Ketua Komite Nasional Pasrtai Republik yang menjadi staf Gedung Putih. Spicer punya riwayat dekat dengan Republik, bukan khusus Trump.



Sementara Scaramucci, merupakan manajer keuangan di New York. Seperti penasihat dekat Trump lainnya, ia juga pernah bekerja di Goldman Sachs. Scaramucci bahkan berteman dekat dengan Trump dan keluarganya.

Tak heran jika Ivanka Trump dan suaminya pun mendukung masuknya Scaramucci ke Gedung Putih.

Yang semakin membuktikan bahwa ada agenda lain di balik digantikannya Spicer, adalah momen. Itu terjadi saat Trump sedang diributkan perkara penyelidikan oleh FBI soal ikut campurnya Rusia dalam Pemilu AS 2016.

Trump, masih mengutip CNN, memang selalu menjaga lingkaran dalamnya. Semakin bahaya posisinya, semakin ketat lingkaran dalam itu, bahkan bisa hanya keluarga dan teman dekat.

Sean Spicer juru bicara Gedung Putih memilih mengundurkan diri, Jumat (21/7).Sean Spicer juru bicara Gedung Putih memilih mengundurkan diri, Jumat (21/7). (AFP PHOTO / Olivier Douliery)
Namun dalam pertemuan pertamanya dengan publik pada Jumat kemarin, Scaramucci mengatakan bahwa Trump membiarkannya menjadi dirinya sendiri, saat mereka berbincang soal pekerjaan ini di Ruang Oval Gedung Putih.

Salah satu tugasnya, kata Scaramucci, adalah “membiarkan Trump mengekspresikan identitasnya secara penuh.”

“Saya pikir penting bagi kita untuk membiarkannya mengekspresikan pribadinya,” ujarnya.



Trump memang hanya sesekali membiarkan dirinya diatur. Ia lebih banyak menjadi orang yang bertindak berdasarkan apa yang ia suka dan ia mau. CNN menuliskan, ia juga tipe orang yang membiarkannya bebas daripada yang mengaturnya.

Scaramucci cocok dengan profil itu.







Credit  CNN Indonesia