Selasa, 19 Mei 2015

Finlandia Kirim Tentara Perangi ISIS

Kelompok Militan ISIS (Foto: Reuters)
Kelompok Militan ISIS (Foto: Reuters)
HELSINKI   (CB) - Finlandia akan mengirim sekira 50 tentara ke Irak bagian utara untuk diberi pelatihan melawan kelompok militan ISIS. Mereka akan mendapat pelatihan dari tentara Kurdish Peshmerga.
Para pelatih asal Finlandia yang dikirim sudah memiliki pengalaman operasi di Afghanistan, Mali, dan Somalia. Mereka akan pergi ke Kurdistan, Irak bagian utara, pada Agustus 2015.
Brigadir Jenderal Petri Hulkko yang membentuk Tentara Keamanan Finlandia mengatakan, pelatihan tersebut berjenis kombat. Beberapa materi pelatihan yang diberikan yakni menembak, taktik grup kecil, kerja sama, dan kepemimpinan.
Demi alasan keamanan, para tentara Finlandia yang meninggalkan Irak tidak disebutkan identitasnya. "Penjaga kedamaian pada operasi ini tidak akan menunjukkan wajah mereka, mengungkapkan nama, atau memberi pernyataan ke media," kata Hulkko, seperti dikutip The Shanghai Daily, Selasa (19/5/2015).
Menurut Tentara Keamanan Finladia, pemerintah melatih tentaranya di Irak sebagai bagian dari misi Operation Inherent Resolve. Operasi militer internasional tersebut diluncurkan pada musim gugur 2014. Sesuai resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), operasi militer itu bertujuan untuk melawan ISIS.


Credit  Okezone