Rabu, 27 Mei 2015

Skandal Korupsi, Badan Antariksa Rusia Terancam Bangkrut


Badan Antariksa Rusia Terancam Bangkrut (Foto:IB Times)
Badan Antariksa Rusia Terancam Bangkrut (Foto:IB Times)
MOSKOW  (CB) – Industri luar angkasa Rusia dikabarkan terancam bangkrut akibat skandal korupsi yang menggerogoti institusinya.

Hasil investigasi yang dikeluarkan oleh Lembaga Antikorupsi Rusia menemukan ada penggelapan dana sebesar 92 miliar rubels atau setara Rp23,4 triliun di tubuh Roscosmos, badan antariksa Rusia.

“Awalnya saya tidak percaya, namun ini adalah angka yang menyedihkan,” ujar Juru Bicara Lembaga Antikorupsi Rusia, Tatyana Golikova, seperti diberitakan IB Times, Selasa (26/5/2015).

Pemerintah melalui Deputi Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin telah mempunyai rencana untuk menghapuskan Roscosmos dan menggantinya dengan lembaga baru sejenis BUMN pada pertengahan 2015.
Rogozin sendiri membantah penghapusan Roscosmos terkait skandal korupsi yang menimpa badan antariksa tersebut. Rogozin justru mengutarakan rencana Pemerintah Rusia untuk kembali meluncurkan roket ke luar angkasa.

“Dalam jangka waktu dua atau tiga tahun, Rusia akan kembali meluncurkan roket ke luar angkasa,” ujar Rogozin.
Reformasi birokrasi yang dilakukan Pemerintah Rusia mengakibatkan adanya perombakan besar-besaran, termasuk di tubuh Roscosmos. Badan antariksa ini sangat diharapkan mampu bertahan di industri luar angkasa agar mampu bersaing dengan NASA milik Amerika Serikat.



Credit  Okezone