Rabu, 27 Mei 2015

Hamas Disebut Lakukan Kejahatan Perang Terhadap Warga Gaza

Hamas menyiksa warga Palestina yang dituduh membantu Israel.

Hamas Disebut Lakukan Kejahatan Perang Terhadap Warga Gaza
Ilustrasi Hamas (REUTERS / Suhaib Salem)
 
  CB - Kelompok HAM Amnesty International (AI) dalam sebuah laporan, Rabu, 27 Mei 2015, menyebut Hamas melakukan kejahatan perang terhadap warga sipil Palestina di Jalur Gaza, selama perang dengan Israel pada 2014.

Dikutip dari Reuters, gencatan senjata mengakhiri 50 hari pertempuran militan dan Israel, pada Agustus 2015, mengakibatkan lebih dari 2.100 orang tewas, sebagian besar adalah warga sipil.

Pasukan Hamas disebut melakukan kampanye brutal dengan penculikan, penganiayaan dan pembunuhan warga Palestina, yang dituduh berkolaborasi dengan Israel, selama serangan militer Israel ke Gaza.

Pada laporan sebelumnya, Maret lalu, AI juga mengkritik dan menuding Israel melakukan kejahatan perang. Selain ribuan korban tewas, sedikitnya 16.245 rumah warga Palestina hancur.

Di dalam laporan terbaru, AI memasukkan daftar beberapa kasus, di mana warga Gaza yang dituduh membantu Israel disiksa oleh Hamas. Belum ada respon resmi dari Hamas terkait dengan laporan AI.

Hamas menguasai Jalur Gaza, yang menjadi perbatasan antara Israel dan Mesir. Palestina telah bergabung dengan Pengadilan Pidana Internasional (ICC), yang mendapat tentangan dari Israel.

ICC kini tengah menyelidiki kemungkinan terjadinya kejahatan perang, dalam serangan Israel ke Jalur Gaza. Namun dengan bergabung pada ICC, Palestina juga terbuka pada penuntutan.


 Credit  VIVA.co.id