Senin, 25 Mei 2015

Rusia Luncurkan Helikopter Terkuat di Dunia


Helikopter Mi-26T2 milik Rusia (Foto: Russia Today)
Helikopter Mi-26T2 milik Rusia (Foto: Russia Today)
MOSKOW  (CB) – Rusia telah meluncurkan helikopter terbesar dan terkuat di dunia. Helikopter tersebut bernama Mi-26T2. Perusahaan Russian Helicopters menyatakan bahwa helikopter paling kuat itu telah resmi diproduksi.
”Kami mengumumkan dimulainya produksi helikopter besar yang telah dimodernisasi, dan dijuluki Mi-26T2. Helikopter dari keluarga Mi-26 itu memiliki karakteristik yang mumpuni dan tiada banding,” ujar CEO Russian Helicopters Corp, Andrey Shibitov, seperti dikutip Russia Today, Sabtu (23/5/2015).
“Membuat helikopter terkuat adalah tugas yang sangat menantang bagi para perancang dan produsen pesawat. Namun, Rusia memiliki pengalaman yang luar biasa, dan unik dalam bidang ini. Helikopter Mi-26T2 akan diminati tak hanya di dalam negeri Rusia, namun juga di luar negeri,” lanjutnya.
Helikopter tipe M-26 sudah dikenal sebagai helikopter yang digunakan untuk keperluan transportasi sejak era Soviet. Helikopter yang diproduksi 1980 itu telah dimodifikasi untuk keperluan militer dan sipil.
Helikopter Mi-26T2 dapat menampung berat saat lepas landas maksimal 56 ton. Setiap kali mengisi bahan bakar, helikopter ini bisa terbang sejauh 800 kilometer dengan kecepatan maksimal mencapai 295 km/jam.
Sedangkan untuk versi hemat bahan bakar, kecepatan maksimalnya 255 km/jam. Saingan Helikopter Mi-26T2 adalah Helikopter Sikorsky CH-53E milik Amerika Serikat (AS).

Credit  Okezone