Kamis, 28 Mei 2015

Bakamla Janji Tingkatkan Keamanan Perairan Indonesia


 
KOMPAS.com/Sabrina Asril Kepala Badab Keamanan Laut DA Mamahit


JAKARTA, CB - Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya Desy Albert Mamahit berkomitmen untuk menjaga perairan Indonesia. Hal itu diungkapkannya setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

"Era baru, kita benar-benar coba amankan semua potensi yang ada di laut kita," kata Mamahit.

Ia menjelaskan, Bakamla kini memiliki wewenang yang lebih besar daripada ketika masih bernama Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla). Bakamla kini memiliki kapal dan mengoperasikan sendiri dan memiliki garis komando yang lebih luas dari sebelumnya yang hanya melibatkan 12 stakeholders.

Sesuai tugasnya, kata Mamahit, Bakamla berwenang melaksanakan operasi keamanan dan keselamatan di area laut Indonesia dengan bantuan dari TNI AL, Polri, Bea Cukai, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta imigrasi. Bakamla juga berwenang melakukan penjagaan, pengawasan, pengejaran, dan penindakan serta menjamin pelaku pelanggaran di perairan Indonesia diproses sesuai hukum yang berlaku.

"Walau pun aset kami sedikit, akhir tahun ini kami akan dapat tambahan kapal lagi. Kami akan beroperasi lebih ketat," katanya.


Credit  KOMPAS.com