Jumat, 15 Mei 2015

2 Kapal Perang Perancis di Cina Bikin Jepang Gemetar


Timbul spekulasi Cina akan membeli dua kapal itu setelah Rusia batal membelinya.

CB - Ada 2 kapal perang tercanggih di Pelabuhan Shanghai, Cina, Kamis (14/5/2015) hari ini. Dua kapal itu membuat Jepang gusar.
Dua kapal itu merupakan milik angkatan laut Perancis. Timbul spekulasi Cina akan membeli dua kapal itu setelah Rusia batal membelinya.
Paris menangguhkan kesepakatan pembelian 2 kapal perang itu kepada Moskow. Sebab harga kapal 1,2 miliar euro belum disetujui Rusia.
Padahal kapal itu termasuk yang tercanggih dengan dilengkapi rusal. Kantor Berita Taiwan melansir jika kedatangan kapal perang Perancis ini adalah yang pertama kali sejak 2013 lalu.
Jika memang kapal perang itu dibeli Cina, maka Negara Tirai Bambu itu menambah kekuatan di sisi serangan amfibi.
Ketakutan timbul dari Jepang. Sebab Cina dan Jepang saat ini tengah bersitegang memperebutkan Pulau Senkaku. Selain itu juga Cina berebut wilayah kawasan laut di Pasifik Barat, yaitu Laut Cina Selatan.
Analis Politik Internasional dari Juni Okumura mengatakan segala gerak gerik Cina diawasi Jepang. Termasuk soal dugaan Cina akan membeli kapal itu.
"Dalam jangka pendek, saya menduga ini adalah upgrade yang signifikan dari apa yang mereka (Cina) miliki. Ini soal Laut Cina Selatan," kata Okumura seperti dilansir Telegraph, Kamis (14/5/2015).
Kapal perang itu bisa mengangkut 16 helikopter Eurocopter Tiger atau helikopter transportasi NH90. 70 kendaraan dan 450 tentara juga bisa diangkut kapal itu.


 Credit  Suara.com